Penebar Hoaks Itu Tak Tahu Tujuan Hidup Berbangsa

0
243

Pamit Purnabakti di Rakornas LPPL Ke-2  Ditjen Otda Sony Sumarsono: “Penebar Hoaks Itu Tak Tahu Tujuan Hidup Berbangsa

JAKAFRTA (LINTAS PAPUA)  – Direktur Jenderal Otonomi Daerah (Ditjen Otda) Kementerian Dalam Negeri, Sony Sumarsono mengatakan, mereka yang suka menebar hoaks (berita/informasi bohong) adalah orang yang tidak mengetahui tujuan bangsa Indonesia.

Katanya, cita-cita Indonesia hanya satu. yakni, Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat adil dan makmur.

“Sedangkan tujuan bangsa Indonesia yang harus dijunjungi tinggi sebagaimana tercantum dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, ada 4 (empat),” terangnya.

Yakni, imbuhnya, melindungi segenap tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut menciptakan ketertiban dunia.

“Penyebar hoaks itu orang yang tidak bertanggungjawab. dia tidak tahu bahwa tujuan bangsa ini salah satunya untuk mencerdaskan kehidupan. Karena itu harus diperangi,” ajak Direktur Jenderal Otonomi Daerah (Ditjen Otda) Kementerian Dalam Negeri, Sony Sumarsono, begitu pria 22 Februari 1959 ini akrab disapa.

Ajakan pria kelahiran Tulung Agung, Jawa Timur ini disampaikannya saat Rakornas ke-2 Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Radio Televisi Nasional di meeting room F1 (Ballroom) Best Western Hotel Mangga Dua, Jakarta, Kamis Malam, 28 Februari 2019.

Kepada para pejabat dari Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik yang berasal dari hampir seluruh provinsi, kabupaten dan kota di Indonesia yang hadir, dia berpesan untuk senantiasa mengedukasi masyarakat agar tetap menjadi “orang Indonesia”.

“Mari sama-sama kita lakukan upaya untuk ‘mengIndonesiakan manusia Indonesia’ agar memiliki kepribadian nasional. Berkepribadian dalam budaya sebagaimana butir ketika Tri Sakti Bung Karno. Agar tidak kebarat-baratan,” ajaknya pada Rakornas yang juga dihadiri Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika Rosarita Niken Widiastuti.

Pamit Purnabakti

Terhitung mulai hari ini, 1 Maret 2019, Sony yang memiliki NIP 19590222 198503 1 001 dan menjabat Dirjen Otda sejak 1 Juli 2015, akan purnabakti sebagai Pegawai Negeri Sipil.

“Rakornas ke-2 LPPL Radio Televisi Nasional ini adalah forum terakhir yang kami ikuti sebagai Ditjen Otda. Mulai 1 Maret besok, saya menjadi “pejabat eselon 0”, setelah kurang lebih 34 tahun mengabdi,” ujar Sony, yang pernah menjabat 3 kali Plt Gubenur di 3 provinsi ini, berpamitan.

Pada kesempatan itu, selain memberikan berbagai arahan, Sony juga mengukuhkan kepengurusan Asosiasi LPPL Radio Televisi Nasional masa bakti 2018-2021 hasil Rakornas I di Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan, 9 Oktober 2018.

Adapun pengurus yang dikukuhkannya itu diketuai Erwin Ibrahim (Kadis Komunikasi dan Informatika Kabupaten Banyuasin) dan Sekretaris H Gabril Majid Sukarman (Kadis Komunikasi dan Informatika Kota Sukabumi, Jawa Barat).

Kepala Dinas Kominfotik Kabupaten Bengkalis Johansyah Syafri, juga hadir pada Rakornas yang diikuti 300 peserta dari 169 provinsi, kabupaten dan kota se-Indonesia tersebut. #DISKOMINFOTIK (Disadur dari https://diskominfotik.bengkaliskab.go.id)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here