<
Lintaspapua.com

Pemkot Jayapura Berharap UPP PDAM Tingkatkan Pelayanan Air Bersih

LINTAS PAPUA - Jumat, 1 Maret 2019 - 09:19 WITA
Pemkot Jayapura Berharap UPP PDAM Tingkatkan Pelayanan Air Bersih
Wakil Wali Kota Jayapura, Ir. H. Rustan Saru, MM., didampingi Dirut PDAM Jayapura, Entis Sutisna, saat diwawancara usai peresmian Kantor UPP PDAM. (Ardiles / lintaspapua.com) ()
Penulis
|
Editor

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Jayapura Selatan (Japsel) menambahkan satu kantor Unit Pelaksana Proyek (UPP) guna memberikan kemudahan pelayanan air bersih bagi masyarakat.

Peresmian kantor UPP PDAM Jayapura Selatan dipimpin langsung Wakil Wali Kota Jayapura, Ir. H. Rustan Saru, MM., Kamis, 28 Februari 2019.

Wakil Wali Kota Jayapura, Ir.  H.Rustan Saru, MM., menyampaikan melalui peresmian kantor UPP PDAM Japsel ini, Pemerintah Kota berharap PDAM dapat memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Kota Jayapura dalam peningkatan pelayanan air bersih.

“Kita minta agar PDAM memberikan penyaluran air bersih secara cukup bagi pelanggan dengan baik, dan terpenuhi setiap saat,” kata Rustan kepada sejumlah wartawan seusai acara peresmian Kantor PDAM UPP.

Ditambahkan kantor unit PDAM yang baru ini diharapkan dapat dikelolah secara profesional, disiplin dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada, sehingga dapat memberikan pemasukan pada Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Jadi ketika PAD sudah tercapai, pelayanan sudah di berikan dan terpenuhi, maka tinggal meningkatan SDM. Oleh karena itu perlu pelatihan dan bimbingan,” ujarnya.

Dikatakan PDAM kiranya dapat mengantisipasi adanya kekurangan air bersih di Kota Jayapura.

“Di kota Jayapura ini hampir 47 persen warga masyarakat yang kekurangan air bersih, dan kita harus mengantisipasi hal itu, untuk kedepan di benahi dan menyikapi hal tersebut,”kata Rustan.

Sementara itu Direktur PDAM Jayapura, Entis Sutisna, mengaku kantor UPP PDAM Japsel ini merupakan kantor yang ke lima dari unit pelayanan yang di miliki PDAM, yang digunakan dalam rangka memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Kita harapkan dengan diresmikannya UPP PDAM Japsel ini pelanggan lebih cepat membayar di unit ini, juga jika ada masalah pengajuan di lapangan dapat fi ajukan dan langsung di layani di sini, “katanya.

Ia mengharapkan dengan beroperasinya kantor UPP PDAM Japsel ini, profesionalitas dari para pegawai dalam rangka melayani masyarakat akan lebih tertata dengan baik.

Ditambahkan dirinya akan mulai melakukan penerapan teknologi informasi yang tersentralisasi dan termodernisasi oleh PDAM Jayapura.

“Ini telah kita alokasikan pada tahun 2018 dan 2019, dimana kita akan melalukan aplikasi PDAM si pintar dan rencananya akan di lounching bulan juni mendatang,” ujarnya.

Selain itu beberapa aplikasi lain yang di gunakan, mencakup masalah keuangan, akuntansi, porsenalia, gudang, distribusi, pencanaan, info tagihan dan hubungan layanan loket dan billing.

“Kita harapkan penggunaan IT dalam sistem informasi managment dalam PDAM ini tentu akan mengefektifkan terhadap pelaksanaan tugas PDAM dan juga akan lebih transparan kepada pelanggan. Karena sekarang pelanggan juga dapat mengunjungi website PDAM untuk mengadukan atau melihat perkembangan di PDAM, ” jelasnya.

Perlu di ketahui juga saat ini sudah ada kemudahan dalam membayar rekening Air di seluruh indonesia, melalui ATM juga melalui HP Androit dan rencana akan di realisasikan tahun ini.

“Inilah upaya kita untuk mendekatkan diri kepada pelanggan. Kami harapkan fungsi pelayanan di Jayapura Selatan ini lebih meningkat dan memberikan kontribusi terbaik bagi pelanggan sesuai komitmen kita bahwa PDAM hadir untuk memastikan pelayanan terbaik kepada pelanggan,” tandasnya. ( Ardiles / lintaspapua.com )

Tinggalkan Komentar

Close Ads X
123