<
Lintaspapua.com

Pemkab Jayapura Studi Banding Belajar Kampung Smart di Banyuwangi

LINTAS PAPUA - Jumat, 1 Maret 2019 - 15:59 WITA
Pemkab Jayapura Studi Banding Belajar Kampung Smart di Banyuwangi
Asisten II Bidang Ekonomi Setda Kabupaten Jayapura, Eddy Susanto, didampingi Plt Kepala Bappeda Kabupaten Jayapura Parson Horota dan Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura, Ir. Sambodo Samiyana, M.Si, ketika memberikan cinderamata kepada Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan Kabupaten Banyuwangi Penny Handayani. (Irfan / HPP) ()
Penulis
|
Editor

SENTANI (LINTAS  PAPUA) – Sejumlah pejabat dari Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, melakukan studi banding ke Kabupaten Banyuwangi guna belajar Smart Kampung, penegakan disiplin pegawai dengan menerapkan sistem e-Kinerja dan juga penyusunan program pembangunan dengan pola Partisipasi Masyarakat yang menjadikan Banyuwangi salah satu daerah kabupaten yang sangat maju dalam melaksanakan pembangunan.

 

Sejumlah pejabat yang ikut studi banding ke Kabupaten Banyuwangi itu kurang lebih sebanyak 10 orang baik dari Bappeda Kabupaten Jayapura, Bagian Umum serta Bagian Humas dan Protokoler Setda Kabupaten Jayapura.

 

Rombongan Pemkab Jayapura ini dipimpin Asisten II Bidang Perekonomian Setda Kabupaten Jayapura Eddy Susanto, didampingi Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Bappeda Kabupaten Jayapura, Parson Horota ini diterima oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi dalam hal ini Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan Kabupaten Banyuwangi Penny Handayani.

 

Selain itu ada beberapa pejabat yang juga ikut dalam rombingan Pemkab Jayapura seperti Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura Ir. Sambodo Samiyana, M.Si, Sekretaris Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura Gustaf Griapon, S.T., Kepala Bagian (Kabag) Umum Setda Kabupaten Jayapura Dominggus Tanamal, Kepala Bagian Humas dan Protokoler Setda Kabupaten Jayapura Sabri M. Nur, serta Kepala Distrik Yapsi Kornelius Aleut.

 

Bupati Banyuwangi melalui Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan Setda Kabupaten Banyuwangi, Penny Handayani merespon baik kedatangan Pemkab Jayapura, dan sangat berterima kasih karena telah memilih Kabupaten Banyuwangi sebagai tempat kunjungan kerja sekaligus studi banding.

 

“Kunjungan kami tim Kabupaten Jayapura ke Kabupaten Banyuwangi itu ada tiga hal yang akan kami lihat dan juga kami ingin tahu kiat-kiat yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Banyuwangi dalam membangun smart kampung, karena di Banyuwangi ini seluruh kampung sudah menerapkan smart kampung tersebut,” terang Eddy Susanto.

 

Kemudian yang kedua adalah kami juga akan melihat bagaimana Pemkab Banyuwangi ini dalam menegakkan disiplin kepada pegawainya dengan menggunakan sistem e-Kinerja, terus yang ketiga adalah kami juga akan melihat dan sekaligus mendengar dari Kabupaten Banyuwangi dalam menyusun program pembangunan itu dengan pola partisipatif langsung dari msyarakatnya, sambung pria yang juga Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dispendukcapil Kabupaten Jayapura.

 

Kenapa memilih Banyuwangi sebagai tempat kunjungan kerja atau studi banding, Eddy Susanto menuturkan, Banyuwangi merupakan salah satu daerah kabupaten yang sangat maju dalam melaksanakan pembangunan.

 

Selain itu, kata Eddy Susanto, Banyuwangi ini memang dalam empat tahun terakhir ini btul-betul sudah menjadi tujuan dari beberapa daerah dalam rangka mengembangkan pelayanan kepada masyarakatnya.

 

“Jadi banyak hal yang bisa kita ambil dan kita pelajari dari daerah Banyuwangi ini, mulai dari pengelolaan pemerintah kampung (Desa) hingga pengelolaan tempat wisata,” tuturnya.

 

“Nah ketiga poin besar inilah yang akan kami lihat, sehingga nanti kami bisa melakukan penerapan di Jayapura dalam rangka pengembangan masyarakat dan juga pembangunan masyarakat yang ada di Kabupaten Jayapura. Sekarang inipun kami hadir dengan tiga pemerintah daerah yang datang kesini untuk sama-sama teknik yang dilakukan oleh Banyuwangi dalam rangka pelayanan kepada masyarakatnya,” ucap Eddy Susanto. (Irfan /Koran Harian Pagi Papua)

Tinggalkan Komentar

Close Ads X
123