KPUD Yapen Sosialisasi Pemilih Pemula Untuk Pemilu 2019

0
361
Ketua KPUD Yapen, Moris C. Mabuai menyampaikan, bahwa sosialisasi ini diadakan sesuai DIPA KPU yang sasarannya kepada pemilih pemula,  agar dapat menggunakan hak pilihnya dengan baik, melihat di Pilkada Bupati dan Gubernur kemarin minat pemilih masih sangat rendah. (Seo / HPP)

SERUI (LINTAS PAPUA)  –  Komisi pemilihan Umum (KPU) Kepulauan Yapen  bekerjasama dengan LPP RRI Serui, Polres Yapen, Bawaslu Yapen menggelar sosialisasi pemilih pemula berlangsung dengan baik yang diikuti beberapa SMA/K se-kota Serui, Jumat  (22/2/2019).

Ketua KPUD Yapen, Moris C. Mabuai menyampaikan, bahwa sosialisasi ini diadakan sesuai DIPA KPU yang sasarannya kepada pemilih pemula,  agar dapat menggunakan hak pilihnya dengan baik, melihat di Pilkada Bupati dan Gubernur kemarin minat pemilih masih sangat rendah.

Dikatakan , bahwa kegiatan ini  untuk mendorong tingkat partisipasi pemilu lewat pemilih pemula berlangsung dengan baik.

“Berharap para siswa dapat mengenal apa itu KPU, demokrasi, pemilu dan menyalurkan hak demokerasi, sekaligus bagaimana menyalurkan dan apa saja syarat-syarat untuk menjadi pemilih,” jelasnya.

 

Sementara itu, Siswa SMAN 1 Serui, Fernando menyampaikan bahwa  sosialisasi ini dinilai sangat baik.

“Apalagi untuk kami usia 17 tahun yang akan mengikuti pemilihan di tanggal 17 april mendatang sekaligus tidak melanggar peraturan yang sudah ditetapkan,”tambahnya

Sesuai jadwal dan tahapan,  KPU Yapen  telah melaksanakan sosialisasi pemilih pemula, sekaligus penyampaian materi tentang pemili pemula dalam pemilu 2019 oleh anggota devisi sosialisasi yang selanjutnya peran Polri dalam mengamankan pemilu tahun 2019 oleh Kapolres Yapen.

Materi pengawasan tehapan pendidikan dan pemilu terhadap pelanggaran administrasi dan tindak pidana pemilu oleh ketua Bawaslu Yapen,  sedangkan materi tata cara pemberian suara dan pemungutan suara serta perhitungan suara oleh ketua KPU Moris Mabuai.

“Kami berikan  apresiasi seluruh peserta sosialisasi baik kepsek dan guru yang telah mendukung kelancaran kegiatan dimaksud sehingga berlangsung dengan baik,” tandasnya. (Seo / Koran Harian Pagi Papua)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here