Papua Diving Academy Siap Dilaunching di Pantai Amay : Direktur PDA Sopia Serontou Ingin Majukan Olahraga Selam

0
1157
Direktur Papua Diving Academy, Sopia Melisa Serontou (paling kiri) bersama rekan - rekan selam lainnya, saat berada di wilayah pesisir Tanah Merah Kabupaten Jayapura, dalam sebuah latihan bersama. (Foto Papua Diving Academy)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  – Jika ingin pintar belajarlah di sekolah dengan baik, demikian jika ingin pintar olahraga selam,  bisa langsung belajar ke  Sekolah Menyelam atau  Papua Diving Academy, sebagaimana akan dilaunching pada Sabtu, 23 Februari 2019 di Pantai Amay Kampung Tablasupa  Distrik Depapre, Kabupaten Jayapura.

 

Direktur Papua Diving Academy, Sopia Melisa Serontou mengatakan, bahwa pihaknya akan launching Sekolah Selam Papua Diving Academy di Kabupaten Jayapura yang akan diselengarakan pada hari Sabtu, 23 Februari 2019 bertempat di Pantai Amay di Kampung Tablasupa Disitrik Depapre.

 

Sopia Melisa Serontou, saat berada di wilayah pesisir Pantai Amay, Distrik Depapre, Kabupaten Jayapura. (Foto Pribadi)

Dijelaskan, bahwa Papua Diving Academy adalah sekolah selam berkedudukan di Distrik Depapre berada langsung di bawah induk organisasi Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI), yang bersifat keilmuan dan kesamaan minat dengan berazaskan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 serta berorientasi pada norma-norma olahraga selam baik nasional maupun internasional.

“Papua Diving Academy didirikan dengan tujuan membina dan mendidik mereka yang mau bergabung dalam dunia selam baik dibidang Olahraga maupun rekreasi,” ujar Sopia Melisa Serontou,

 

Dirinya menjelaskan, sebelum membentuk Papua Diving Academy, pihaknya telah melaksanakan beberapa kegiatan selam di wilayah Pesisir Tanah Merah dan banyak juga siswa – siswa dari Kampung Tablasupa dan Amay yang ikut.

 

“Memang masih dua kampung dan sebagian besar dari Distrik Depapre, namun kami akan mengundang dari Ormu – Muaib seluruh Tanah Merah dan siapa saja yang ingin masuk, karena selain pendidikan selam, kita juga mendidik yang putus sekolah dan anak – anak sekolah yang ingin belajar dibantu secara baik dalam hal belajar,” kata Perempuan Asli Kampung Tablasupa ini.

Caption Foto : Aktvitas Latihan dan Selam dalam menyiapkan Papua Diving Academy bersama -sama di Pesisir Tanah Merah, Karena Memiliki Potensi Laut yang bersih dan dapat digunakan untuk selam. (Foto Humas Papua Diving Academy)

Sopia Serontou menjelaskan, beberapa bidang yang masuk dalam materi Papua Diving Academy adalah bidang OLahraga, yang mana nantinya  selama ini atlit selam yang terlibat lansung dalam iven olahraga selam tingkat daerah maupun nasional lebih banyak di huni oleh aparat (TNI & POLRI), sedangkan masyarakat sipil sangat minim, karena kurangnya pelatihan dan pembinaan kepada masyarakat sipil.

“Sedangkan idang Wisata/Rekreasi, yakni Kabupaten Jayapura Khususnya wilayah pesisir Tanah Merah memiliki potensi wisata bawah laut yang keindahannya sangat menjanjikan,” lanjutnya.

Ditambahkan, dengan sekolah ini juga nantinya kelak dapat menciptakan atlit olahraga selam masyarakat sipil yang dapat bersaing di tingkat daerah maupun nasional serta manusia yang mencinta dan melindungi.

 

“Serta melestarikan dunia bawah laut demi generasi mendatang serta menciptakan pemandu wisata (guide) profesional yang mampu memberikan pelayanan yang baik bagi wisatawan bawah laut,” kata Sopia.

 

“Laut memangil ku pulang,  Terlahir sebagai seorang gadis pewaris kejayaan di laut.. Aku bangga.. Kepada nenek moyang ku yg suku laut.. Aku bangga… Kepada leluhur kami yg mewariskan laut.. Yang luas.. Pantai – pantai  yang indah.. Kekayaan alam bawah laut yg melimpah… Kekayaan budaya kearifan lokal suku kami.. Aku akan menjaga amanat ini.. Dengan mengajarkan kepada generasi yang akan datang.. Lewat  Papua Diving Academy,” tulisnya dalam sebuah spirit.

Diakui, akan mengembalikan kejayaan Penjaga Samudra Pacific… Mewujudkan visi bangsa Kejayaan Maritim Indonesia… Membuka… Menyediakan dan Membantu kita semua meraih impian masa depan kit dengan mincintai laut dan menjadikan laut panggilan jiwa raga. Untuk kita semua bergandengan tangan menuju sukses bersama.

Sekretaris Papua Diving Academy, Obed Kromsian, dalam sebuah aktivitas di pinggiran pantai. (Foto Pribadi)

Sementara itu, Sekretaris Papua Diving Academy, Obed Kromsian menjelaskan, berbagai proses sementara disiapkan dan kami berharap adanya dukungan dari berbagai pihak, sehingga memajukan sekolah ini dan tentunya kami berterimakasih kepada pemerintah yang ikut mendukung keberadaan sekolah ini.

“Tentunya dengan selam kita berbicara   Keindahan bawah laut daerah ini mampu memberikan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Jayapura serta dapat meningkatan pendapatan ekonomi masyarakat sekitar jika dikelolah secara baik,” ungkap Obed Kromsian.

Dirinya menuturkan, bahwa  Keindahan bawah laut Teluk Tanah menjadi daya tarik tersendiri bagi pecinta selam wisatawan lokal maupun manca negara yang sudah sekian lama menikmati keindahan bawah laut wilayah Tanah Merah.

 

“Namun sayangnya potensi yang sangat baik ini belum dikembangkan secara baik karena sumber daya manusia khususnya di dunia selam masih sangat minim.

Atas dasar itulah menjadi semangat untuk mendirikan sebuah sekolah yang bertujuan membina dan mendidik masyarakat Kabupaten Jayapura yang ingin bergabung dalam dunia selam,” tandasnya mengakhiri wawancara. (Eveerth Joumilena / lintaspapua.com )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here