Untuk wilayah Papua dan Papua Barat Tim Cakra 19 juga sudah terbentuk dimana Letjen TNI (Purn) Hinsa Siburian yang adalah mantan Wakasad dan mantan Pangdam XVII/ Cenderawasih sebagai Kordinator Wilayah Papua dan Papua Barat, sedangkan Ketua Tim Cakra 19 Provinsi Papua adalah Dr. (HC) John Tabo, SE.,MBA. dengan Sekretaris Victor Abaraham Abaidata, SH. dan Bendahara Ir. Tulus Sianipar, MM. Tampak saat foto bersama. (Foto Pribadi)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  – CAKRA 19 merupakan kelompok Relawan Pendukung Jokowi – Ma’ruf Amin yang diinisiasi oleh Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Panjaitan serta para Jenderal purnawirawan dari matra TNI AD, TNI AU, TNI AL bersama masyarakat sipil lainnya yang memandang Presiden Jokowi adalah sosok pemimpin teladan yang memiliki budaya dan mental kerja membangun bangsa dan NKRI dengan keikhlasan dan ketulusan.

 

CAKRA 19 telah dibentuk dan dideklarasikan dari Sabang hingga Merauke, dan di Papua tepatnya di Titik Nol Kilometer Merauke – Sabang, Sota, Kabupaten Merauke digelar Deklarasi Dukungan Suara Masyarakat Papua untuk Jokowi – KH. Ma’ruf Amin, (20/9/2018).

 

Untuk wilayah Papua dan Papua Barat Tim Cakra 19 juga sudah terbentuk dimana Letjen TNI (Purn) Hinsa Siburian yang adalah mantan Wakasad dan mantan Pangdam XVII/ Cenderawasih sebagai Kordinator Wilayah Papua dan Papua Barat, sedangkan Ketua Tim Cakra 19 Provinsi Papua adalah Dr. (HC) John Tabo, SE.,MBA. dengan Sekretaris Victor Abaraham Abaidata, SH. dan Bendahara Ir. Tulus Sianipar, MM.

 

“Dalam kesempatan tersebut,  Ada dua catatan penting yang buat saya sebagai anak Papua (yg turut hadir) merasa bgt bangga dgn sosok Admiral, Laksdya TNI (Purn) Freddy Numberi, pada saat acara Silaturahmi Para Purnawirawan TNI-POLRI dgn Capres Jokowi di JEXPO Kemayoran (10/2/2019), yakni ketika sambutan Capres Jokowi, dari 1000 Jenderal TNI – POLRI yang hadir ada 1 nama Jenderal yang secara khusus disebut oleh Presiden/ Capres Jokowi, yaitu Bapak Laksdya TNI (Purn) Freddy Numberi,” ujar Victor Abraham Abaidata, SH.

 

Dikatakan,  bahwa Naskah Deklarasi Para Purnawirawan Perwira TNI-POLRI disusun oleh Bapak Laksdya TNI (Purn) Freddy Numberi, dan dibacakan oleh Bapak Laksamana TNI (Purn) Arief Kushariadi (Mantan KSAL).

“Sehingga saya salut dan bangga dengan bapa Freddy Numberi,” akuinya.

Caption Foto : Suasana Deklarasi pada 10 Februari 2019 di Jalan Ex Kemayoran, Jakarta Pusat, terkait dukungan para purnawirawan kepada Capres Jokowi. (Foto Pribadi)

Dikatakan, bahwa dirinya sangat berkesan bisa bersama Tokoh Militer Indonesi, yakni Laksamana TNI (Purn) Prof. Dr. Marsetio (KSAL 2012-2014 dan juga Guru Besar Universitas Pertahanan) dan yang kedua,  Laksdya TNI (Purn) Freddy Numberi (Menteri Perhubungan Indonesia ke-35, Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia ke-3, Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Indonesia ke-8, Gubernur Irian Jaya ke-11 dan mantan Komandan Pangkalan Utama TNI AL V Irian Jaya-Maluku) dan

 

“Termasuk Letjen TNI (Purn) Lodewijk Freidrich Paulus (Danjen Kopassus ke-24 dan Sekjen DPP P. GOLKAR), maka saya menilai Forum Silaturahmi (sekalian reuni) dan Deklarasi dukungan ini begitu sangat berkesan,” ungkapnya.

“Pak Prabowo seorang Jenderal TNI, tapi 1000 Jenderal TNI – POLRI justru mendukung  Capres yg berasal dari sipil, itu artinya Pakde Jokowi Hebat,” tandasnya menutup pembicaraannya.

“Pak Prabowo kita tahu adalah seorang Jenderal TNI, tapi 1.000 Jenderal (Purn) TNI/Polri justru mendukung Capres yang berasal dari Sipil, dan saya saksi mata momentum tersebut kemarin di Kemayoran, sampai merinding lihatnya, kita simpulkan sendiri, kenapa bisa demikian”, kata Victor Abraham Abaidata, SH, Sekretaris Tim Cakra 19 Papua.

 

Menurutnya lagi deklarasi kemarin menjadi bukti bahwa Jokowi adalah Presiden yang bisa di andalkan untuk membangun masa depan Indonesia lebih baik dan membawa optimisme dan harapan baru, padahal di pihak lain justru menebar ancaman Indonesia Bubar di tahun 2030 jika pemimpinnya orang lain.

 

“Hari ini kita saksikan para Jenderal (Purn) bersatu dan mendukung pak Jokowi dan KH. Ma’ruf Amin”, katanya lagi.

 

Namun menurutnya yang paling berkesan dalam momentum tersebut bagi dirinya sebagai orang Papua, ketika Capres Joko Widodo menyebut secara khusus nama Laksamana Madya TNI (Purn) Freddy Numberi dalam sambutanya.

 

“Itu menunjukkan ada penghargaan dan apresiasi dari Presiden terhadap tokoh – tokoh Papua yang juga berkontribusi bagi bangsa dan negeri ini”, kata Victor Abraham Abaidata, SH. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here