JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Kampung Yuwainda, Distrik waris Kabupatem Keerom, Provinsi Papua akhirnya dipilih sebagai lokasi pelaksanaan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD).

Alasannya ialah karena kesejahteraan masyarakat pada kampung tersebut masih rendah dan pola hidup yang kurang sehat sehingga diperlukan upaya untuk peningkatan dengan melaksanakan kegiatan penyuluhan program pendampingan bidang pertanian, kesehatan, wawasan kebangsaan dan keluarga berencana.

“Sehingga atas permintaan warga Kampung Yuwinda maka dipilih sebagai sasaran dengan pembangunan rumah type 36,” demikian disampaikan Komandan Kodim 1701 Jayapura.Letkol Inf Yohanes Parinussa saat memberikan pemaparan rencana TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) Kodim 1701 Jayapura di kantor Bupati Keerom. Kamis (7/2/2019).

Dikatakan dengan adanya TMMD ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan tercapainya pemerataan pembangunan di wilayah setempat.

“Dan kiranya kegiatan ini dapat berjalan tertib, aman, lancar serta mencapai hasil yang diharapkan ,”kata Letkol Inf. Yohanes Perinussa.

Dalam pelaksanaannya sambung Yohanis, kegiatan TMMD reguler ke 104, masyarakat di kampung Yuwinda masih memegang teguh nilai-nilai adat.

Kegiatan fisik yang akan dilaksanakan yakni pembangunan rumah permanen tipe 36 sebanyak 10 unit yang dilengkapi MCK yang akan menghabiskan anggaran sebesar .Rp.140 .532.000

“Sementara untuk kegiatan non fisik yakni penyuluhan bela negara penyuluhan kesehatan penyuluhan pertanian dan penyuluhan Keluarga Berencana,”ujarnya.

Ditambahkan Pra TMMD rencananya akan dilaksanakan selama 14 hari yang dimulai dari 11 sampai 25 Februari 2019 sedangkan pelaksanaan TMMD akan dilaksanakan selama 1 bulan yang dimulai dari tanggal 26 Februari sampai 27 Maret 2019.

“Untuk kegiatan non fisik, pihaknya akan melibatkan organisasi perangkat daerah terkait Kabupaten Keerom Polres Kabupaten Keerom,”tukasnya.

Untuk diketahui tugas pokok komando kewilayahan adalah melaksanakan pembinaan teritorial guna mewujudkan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh untuk pertahanan wilayah serta kemanunggalan TNI rakyat melalui pelaksanaan TMMD.

Olenya itu, berdasarkan surat telegram Pangdam XVII/Cenderawasih nomor ST/ 259 2018 tanggal 26 Februari tentang perintah untuk merencanakan dan menyusun rencana sasaran TMMD 104 Tahun anggaran 2019

Kemudian surat telegram Danrem 172/ Praja wilayah nomor ST/98 2018 tanggal 9 Februari 2018 tentang perintah untuk merencanakan dan menyusun rencana sasaran

Menidaklanjuti itu, Kodim 1701 Jayapura melakukan perencanaan dengan memilih kampung Yuwinda Distrik Waris Kabupaten Keerom sebagai sasaran dari program TNI dimaksud. (Ardiles / lintaspapua.com )