Renungan Minggu 3 Februari 2019 : DOA MU DI DENGAR

0
1712

Bahan Bacaan Yesaya 38 : 1-22  dan Yakobus 5 :16

 

“Pergilah dan katakanlah kepada Hizkia : Beginilah firman Tuhan, Allah Daud, bapa leluhurmu : Telah Kudengar doamu dan telah Kulihat air matamu. Sesungguhnya Aku akan memperpanjang hidupmu lima belas tahun lagi.”

Yesaya 38:5

DOA MU DI DENGAR

 

Masalah apakah yang sedang kita pergumulkan hari-hari ini di hadapan Tuhan ? Apakah masalah keuangan, keluarga, atau pekerjaan ? Biasanya ketiga hal ini saling terkait satu dengan yang lainnya.

 

Jika terjadi masalah pekerjaan bisa saja ujung-ujungnya berdampak kepada keuangan, dan dampaknya kepada kebutuhan keluarga. Atau barangkali bukan ketiganya, semua terpenuhi, keuangan bagus, pekerjaan meningkat, bisnis maju, keluarga harmonis, tapi ada hal lain yang kadang membuat kita sedih yaitu sakit penyakit.

 

Apa yang kurang dari Hizkia ? Ia adalah seorang raja. Jabatan ia punya, keuangan melimpah, negerinya makmur, tetapi bagaimana dengan kesehatannya.

 

Nampaknya Hizkia harus mengaku kalau ia kalah telak ketika tubuhnya digerogoti oleh sakit penyakit, bahkan hatinya kecut ketika seorang nabi diutus oleh Tuhan, dan menyatakan bahwa penyakitnya tidak dapat disembuhkan dan akan mendatangkan kematian.

 

Penyakit itu tidak mengenal kompromi, tua-muda, miskin-kaya, berpangkat atau tidak. Buktinya penyakit demam berdarah yang konon hanya menyerang kawasan kumuh dan orang-orang yang tinggal di pedalaman, atau perkampungan jelata, nyatanya sempat juga di derita oleh orang terpandang.

Kalau saat ini kita bergumul tentang suatu masalah yang sedang kita hadapi, mintalah belas kasihan Tuhan. Bersyukurlah kepadaNya, naikkanlah pujian dan penyembahan.

 

Serukanlah namaNya, sebab nama itu kudus dan berkuasa. Kalau kita berdoa di dalam namaNya, maka kuasaNya akan turun atas hidupmu.

 

Ingatlah akan keberadaan kita di hadapanNya seperti dikatakan di dalam 1 Petrus 2:10, “kamu, yang dahulu bukan umat Allah, tetapi yang sekarang telah menjadi umatNya, yang dahulu tidak dikasihani tetapi yang sekarang telah beroleh belas kasihan.”

 

Berdoalah dengan sungguh-sungguh, seperti diteguhkan dalam Yakobus 5:16, ”Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh. Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya.”

 

Renungkanlah :

 

Sesungguhnya kami menyebut mereka berbahagia, yaitu mereka yang telah bertekun; kamu telah mendengar tentang ketekunan Ayub dan kamu telah tahu apa yang pada akhirnya disediakan Tuhan baginya, karena Tuhan maha penyayang dan penuh belas kasihan (Yakobus 5:11).

Setia dan bertekunlah di dalam doa kepadaNya, sebab Tuhan selalu dengar doa kita. (  MULTIMEDIA DEPARTMENT GRAHA BETHANY NGINDEN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here