<
Lintaspapua.com

Pemprov Papua Ajak Masyarakat Wilayah Pegunungan Untuk Perekaman E – KTP

LINTAS PAPUA - Kamis, 31 Januari 2019 - 07:03 WITA
Pemprov Papua Ajak Masyarakat Wilayah Pegunungan Untuk Perekaman E – KTP
Kepala Dinas Sosial Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi Papua, Ribka Haluk membenarkan bahwa memang benar bahwa di wilayah pegunungan masih minim masyarakat yang belum melakukan perekaman E-KTP. (Berti Pahabol / lintaspapua.com) ()
Penulis
|
Editor

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  –  Dinas Sosial Kependudukan dan Catatan Sipil (Dinsos Dukcapil) Papua gencar mengajak masyarakat di wilayah tertentu untuk melakukan perekaman KTP elektronik, dengan menurunkan tim dari kementerian, provinsi dan kabupaten.

 

Kepala Dinas Sosial Kependudukan dan Catatan Sipil Papua, Ribka Haluk mengatakan selama di Papua, tim dari kementrian sudah mendatangi beberapa kabupaten seperti, Puncak Jaya, Paniai, Dogiyai serta beberapa daerah rawan.

 

“Demi meningkatkan presentase perekaman e-KTP di Papua, tim harus merasakan betul apa yang kami alami selama ini,” kata Ribka Haluk, di Jayapura, Rabu (30/1/2019).

 

Mengenai target, ujar ia, pihaknya tidak bisa memastikan akan mencapai 100 persen, namun paling tidak sampai di angka 70 persen lebih.

 

“Kami bersyukur daerah yang dulunya nol persen, kini rata-rata sudah mencapai 10 persen. Tinggal Puncak Jaya, Yahukimo, Pegunungan Bintang, Paniai, Nduga, Deiyai, Tolikara dan Lanny Jaya,” ujarnya.

 

Ia tekankan, saat ini sudah tidak ada penolakan dari masyarakat untuk perekaman, hanya saja kondisi geografis membuat tim kesulitan.

 

“Seperti di Puncak Jaya itu masyarakat datang sendiri ke tempat perekaman. Jadi tidak ada lagi masyarakat yang menolak,” kata Ribka Haluk.

 

Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri, Zudan Arif Fakruloh meminta Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil di seluruh Papua lebih aktif dalam melakukan perekaman e-KTP. Pasalnya sampai saat presentase masih sangat rendah, padahal dilakukan sejak 2011.

 

“Kami sarankan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil jemput bola mendatangi distrik-distrik, kampung-kampung, gereja, sekolah dan masjid untuk melakukan perekaman. kata Zudah.  (Berti Pahabol / lintaspapua.com )

Tinggalkan Komentar

Close Ads X
123