SENTANI (LINTAS  PAPUA) – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Jayapura, fokus membangun sarana atau infrastruktur olahraga di Distrik. Hal itu untuk membangkitkan kecintaan pentingnya olahraga di tengah masyarakat, sehingga ke depan olahraga juga bisa menjadi kebutuhan.

“Kita coba untuk fokus sesuai dengan petunjuk pak Bupati, untuk membangun infrastruktur olahraga di distrik. Ini sesuai dengan kebijakan saat ini, dimana ada penguatan atau seluruh pembangunan ini dititikberatkan ke distrik,” papar Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kabupaten Jayapura, Yaan Yoku, ketika ditemui wartawan harian ini diruang kerjanya, Senin (28/1/2019)  siang.

“Sehingga kami di Dinas Pemuda dan Olahraga sesuai dengan Tupoksinya itu akan mencoba untuk membangun infrastruktur pendukung lapangan serba guna,” tambahnya.

Dikatakan, tumbuh kembang sarana olahraga ke depan bisa menjadikan Kabupaten Jayapura dapat mencetak atlet-atlet berkualitas yang bisa membawa nama daerah ke kancah nasional. Jika ada event olahraga besar, Kabupaten Jayapura juga akan mampu mengirim atlet yang berasal dari daerah. Setidaknya, papar Yaan Yoku, secara keseluruhan dari 19 Distrik itu akan dipilah lagi kira-kira berapa distrik yang pihaknya bangun fasilitas pendukung tersebut.

“Kami akan mencoba sesuai dengan kemampuan dana, yang nanti di lihat seperti apa kita bisa bangun dan tidak semua distrik bisa dibangun fasilitas pendukung itu,” katanya.

Yaan Yoku, dalam kesempatan itu mengakui, jika Kabupaten Jayapura, mempunyai fokus jangka panjang untuk pelaksanaan PON (Pekan Olahraga Nasional) XX Tahun 2020 mendatang, sedangkan fokus jangka pendek itu untuk POPNAS (Pekan Olahraga Pelajar Nasional) ke-XV tahun 2019.

“Fokus 2019 ini, kalau jangka panjangnya itu untuk PON. Tetapi, kalau jangka pendeknya itu untuk POPNAS. Karena iven POPNAS ini nanti dihelat pada bulan Oktober 2019 nanti, apalagi kita di Kabupaten Jayapura juga termasuk dapat alokasi beberapa pertandingan atau cabang olahraga (Cabor),” tegasnya. (Irfan / Koran Harian Pagi Papua)