JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  – Sepuluh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten/kota di Povinsi Papua yakni, Kabupaten Sarmi, Jayapura, Boven Digoel, Paniai, Tolikara, Waropen, Nduga, Intan Jaya, Mamberamo Tenggah, dan Kota Jayapura belum bisa dilakukan Test and Proportest termait calon komisionernya oleh KPU Provinsi Papua. Karena masih ada sengketa hukum di PTUN.

 

Terkait hal itu menurut Ketua KPU Provinsi Papua Theodorus Kossay,  S.S, M.Hum kesepuluh kabupaten/kota itu belum dapat dilakukan Test and Proportest, selain ada sengketa hukum di PTUN, tapi juga belum ada perintah dari KPU RI terhadap kesepuluh kabupaten/kota tersebut untuk dilakukan Test and Proportest.

 

“Sampai hari ini kami KPU Papua baru diperintahkan oleh KPU RI untuk melakulan Test and Proportest kepada 4 Kabupaten saja yakni, Kabupaten Biak Numfor,  Timika, Yahukimo, dan Deiyai”. Dan terkait 10 kabupaten/kota lainnya. Kami masih menunggu petunjuk dari KPU RI”, kata Ketua KPU Provinsi Papua Theodorus Kossay, Sabtu 26 Januari 2019 di Jayapura.

 

Theodorus menjelaskan, bahwa KPU Papua sebagai penyelenggara Pemilu di daerah dengan rentan waktu 82 hari menjelang Pemilu 2019 yakni, Pilpres dan Pilleg ini. Pihaknya berharap KPU RI dapat mengambil langkah-langkah dan kebijakan,  serta petunjuk kepada KPU Papua u ntuk lakukan Test and Proportest terhadap 10 KPUD yang tersisa itu.

 

“Pemilu tahun 2019 tinggal 82 hari lagi, kami berharap KPU RI dapat mengambil langkah dan kebijakan,  serta petunjuk kepada KPU Papua terhadap 10 KPUD yang tersisah itu”, Jelas Theodorus Kossay.

 

Kossay menyebutkan dari 29 Kabupaten/kota di Papua,  15 kabupatennya sudah terisi Anggota KPUnya. Tinggal 10 Kabupaten/kota yang masih terkatung-katung Anggota KPUnya. Karena belum dilakukan Test and Proportest.

 

“Soal 10 kabupaten yang belum dilakukan Test and Proportestnya.  Kami KPU Papua beroptimis bahwa sebelum Pemilu digelar 17 April 2019 mendatang.  Seluruh KPUD di Papua sudah devenitif”, Ujar Ketua KPU Papua, bernada optimis. (Richard Mayor / lintaspapua.com )