Langkah Berani Merlan Uloli di Dukung Warga Gorontalo di Kota Jayapura

0
1071
Ketua DPD KKIG Provinsi Papua, Dr. Merlan Uloli SE. MM., saat di wawancarai usai kegiatan festival. (Ardiles / lintaspapua.com )

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) –  Ketua DPD Kerukunan Keluarga Indonesia Gorontalo (KKIG) Provinsi Papua, Dr. Merlan Uloli SE MM., mengambil langkah berani untuk menyediakan makanan gratis kepada warga Kota Jayapura dalam Festival Binthe Biluhuta.

 

“Saya berani tulis makan gratis,  karena didukung oleh semua warga Gorontalo kami sedikit, tapi kami kompak makanya saya berani buat pengumuman lewat RRI juga dengan spanduk,” kata Merlan saat diwawancarai awak media usai kegiatan festival binthe biluhuta, di Taman Imbi Kota Jayapura, Sabtu (26/01/2019).

 

Binthe Biluhuta (milu siram) merupakan makanan khas Gorontalo yang disajikan dalam kegiatan yang sekaligus memperingati hari Patriotik 23 Januari 1942. Diketahui pada hari tersebut merupakan peristiwa heroik dimana para pemuda yang dipimpin Nani Wartabone untuk mengusir para penjajah di Kota Gorontalo.

 

“Itu adalah peristiwa yang monumental yang bagi orang Gorontalo menjadi satu sejarah yang kita tidak bisa lupakan,” ujarnya.

 

Kegiatan yang baru pertama kali dilakukan di Kota Jayapura mendapat dukungan dari Gubernur Provinsi Papua,Wali Kota Jayapura, Dandim 1701 serta Kapolresta Kota Jayapura juga masyarakat di Kota Jayapura.

 

“Kami selaku warga yang merantau di Jayapura, sangat bersyukur dengan mendapat tempat untuk mengekspresikan budaya dan keakhasan sendiri di rantau orang,” kata Merlan yang juga menjabat sebagai kepala Dukcapil Kota Jayapura.

 

Dirinya mengakui sempat dipertanyakan, kenapa sampai bisa membuat festival di Provinsi Papua yang dianggap Daerah Konflik bagi orang diluar.

 

“Sementara Kota Jayapura tidak ada, secara tidak langsung saya sudah menyampaikan ke luar, kalau Kota ini aman, damai, toleransinya tinggi,” tambah Merlan.

 

Bahkan dirinya mengajak kerukunan warga lain untuk membuat wisata kuliner dari masing-masing Daerah dalam rangka HUT Kota Jayapura 7 Maret 2019 mendatang.

 

“Mari kita sama-sama buat, sebagai ucapan terima kasih karena kita sudah tinggal di kota ini, kerja dengan damai dan hidup dengan tenang,” pungkasnya.  (Ardiles/ lintaspapua.com )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here