JAYAPURA  (LINTAS PAPUA) –  Sukses mengalahkan keseblasan Tunas Muda Hamadi, tim Samba APO keluar sebagai juara umum pada kejuaraan sepak bola Danlantamal X Cup ke-10 tahun 2018, lewat babak adu pinalti, yang berlangsung di lapangan sepakbola Danlantamal X Jayapura, Rabu (23/01/2019) sore kemarin.

 

Kedua tim harus melakoni babak adu pinalti setelah bermain sama kuat 0-0 hingga waktu tambahan berakhir.

 

Babak adu pinalti dimenangkan oleh keseblasan Samba APO dengan skor 7-6 atas Tunas Muda Hamadi.

 

Komandan Lantamal X, Brigjen TNI (Mar) Ipung Purwadi, M.M., mengatakan, Kejuaraan sepak bola yang telah digelar kurang lebih sebulan lamanya ini diharapkan mampu menciptakan pemain-pemain handal dan berkualitas dari tanah Papua yang mewakili Indonesia di ajang sepakbola Nasional bahkan Internasional.

 

“Jadi pembinaan melalui pertandingan sepakbola ini, kita harap bisa menjadi juara di PON 2020 sebagai tuan rumah. Tentu ini harus menjadi PR bagi semua pihak,” kata Ipung Purwadi kepada awak media usai memimpin upacara pentupan kejuaraan sepak bola Danlantamal Cup.

 

Kedepannya sambung Ipung, turnamen sepak bola bakal menjadi agenda rutin setiap tahun. Dirinya mengungkapkan bahwa ditahun ini Lantamal X Jayapura bakal menggelar turnamen khusus bagi pembinaan usia dini.

 

“Saya berharap ada generasi penerus lebih junior lagi sehingga diharapkan sekolah sepakbola di Jayapura bisa menyiapkan para pemainnya untuk ikut dalam turnamen sepakbola usia dini yang dilakukan tahun ini sekitar bulan April atau Mei,” jelasnya.

 

Dikatakan kedepannya Lantamal X berencana membuat sekolah pembinaan sepakbola usia dini, pasalnya banyak animo dan semangat anak-anak usia dini yang menyukai sepakbola. Apalagi dengan adanya lapangan tentu hal itu menjadi perhatian bagi Lantamal X Jayapura.

 

“Kita akan lengkapi juga peralatan pendukung sepakbola lainnya, khusus 16 tahun kebawah dengan pelatih yang tentu berkualitas, sehingga menjadi pemain hebat kedepannya,”ujarnya.

 

Pihaknya mengaku kegiatan sepak bola merupakan olahraga positif, sehingga diharapkan dampaknya bisa langsung dirasakan masyarakat.

 

“Lebih Menggiatkan kegiatan-kegiatan berolahraga yang bisa menyehatkan tubuh, kemudian bisa membanggakan keluarga, Daerah dan Negara,” tandasnya.

 

Diketahui dalam Kejuaraan Sepakbola Danlantamal X Cup ke-1 tim Samba APO berhasil membawa pulang piala bergilir dengan total hadiah pembinaan sebesar Rp15 juta, Juara Kedua berhasil diraih Tunas Muda Hamadi, dan Juara Ketiga berhasil diraih Asnab FC, serta pemain terbaik sekaligus pencetak gol terbanyak berhasil diraih Ricky Kayame dari Asnab FC.  (Ardiles/lintaspapua.com)