Ondofolo dan Masyarakat Adat Ifar Besar Dukung Kab. Jayapura Raih Adipura

0
562
Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si., saat foto bersama dengan Ondofolo Kampung Ifar Besar, Franzalbert Joku dan keluarga besar Yoku beserta para pemangku kepentingan di wilayah Ifar Besar. (Irfan / HPP)

SENTANI (LINTAS PAPUA) – Tokoh adat dan masyarakat adat yang di wilayah Ifar Besar siap mendukung program Pemerintah Kabupaten Jayapura dalam rangka mendapatkan piala Adipura pada tahun 2019. Selain mendukung Go Adipura 2019, juga mendukung pelaksanaan PON XX Tahun 2020 di Papua yang akan dihelat di Kabupaten Jayapura sebagai tuan rumah Ivan olahraga terakbar se- Indonesia ini.

Ondofolo Kampung Ifar Besar, Franz Albert Joku mengatakan bahwa pihaknya siap mendukung penuh program Pemerintah Kabupaten Jayapura menuju Go Adipura 2019 dan juga iven Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2020.

Dukungan itu disampaikannya saat melaksanakan rapat atau pertemuan antara dirinya dengan tokoh-tokoh adat, masyarakat adat serta para pemangku kepentingan yang berada di wilayah Ifar Besar, yang berlangsung di Kediamannya, Flavouw, tepatnya di depan Jalan Raya Sentani-Hawaii, Kota Sentani, Kabupaten Jayapura, Kamis (17/1/2019) siang.

Pertemuan tersebut juga dihadiri Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si., serta sejumlah Kepala OPD di lingkup Pemkab Jayapura dan didukung oleh sejumlah OPD diantaranya Dinas TPH, Dinas PU, Bappeda serta Dinas Pertanahan, Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Jayapura.

Ondo Fransalberth Joku ketika ditanya wartawan harian ini menjelaskan, bahwa maksud pertemuan yang diadakan pihaknya tersebut, guna membuat kesepakatan sebagai bentuk dukungan kepada Pemerintah Kabupaten Jayapura untuk meraih piala Adipura serta untuk mensukseskan PON XX 2020 mendatang.

“Tentunya melalui respon ini, kami menyambut niat baik pemerintah daerah untuk menuju Go Adipura 2019 dan juga membuka akses jalan yang dipersiapkan untuk PON XX tahun 2020 nanti,” imbuhnya.

Caption Foto : Dalam Suasana Diskusi dan Foto Bersama Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si.,  dengan Ondofolo Kampung Ifar Besar, Franzalbert Joku dan keluarga besar Yoku beserta para pemangku kepentingan di wilayah Ifar Besar. (Irfan / HPP)

“Dan, kebetulan ada pembangunan yang jatuh di areal kami. Sehingga ini penting untuk kami mendukung,” tambah Ondo Franz sapaan akrabnya.

Menurut Ondo Franz, pihaknya harus secara aktif mendukung atau membantu pemerintah daerah untuk dapat merealisasi seluruh perencanaan ini.

“Sebab, kepentingan nasional, provinsi dan kabupaten khususnya PON 2020 itu kepentingan kami juga. Dimana, areal kami yang nantinya banyak digunakan,” jelasnya.

Dirinya berharap, kepada Ondofolo atau tokoh-tokoh adat lainnya bisa mengikuti apa yang pihaknya lakukan saat ini sehingga keinginan besar pemerintah dapat kita sukseskan bersama-sama.

Sementara itu ditempat yang sama, Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, S.E., M.Si, yang hadir dalam pertemuan itu memberikan apresiasi kepada  Ondofolo Kampung Ifar Besar.

“Saya pikir ini gerakan yang sangat bagus. Ini satu inisiatif, satu keterpedulian untuk bagaimana masyarakat adat juga mau Kota sentani menjadi lebih baik. Untuk itu, saya memberikan apresiasi,” ucapnya.

Untuk itu, Bupati Mathius berharap, dari pertemuan ini masyarakat adat lain dapat mengadakan pertemuan dengan mengundang para pemangku kepentingan yang berada diwilayah adatnya untuk duduk bicara bersama-sama.

“Karena tanggung jawab kemajuan kota, merupakan tanggung jawab bersama. Apalagi kita menuju pada suksesnya PON XI tahun 2020, itu berarti kita sebagai tuan rumah sudah mulai bergerak untuk menyambut tamu-tamu yang akan datang dan juga mensukseskan pesta olahraga nasional ini,” tandasnya. (Irfan / Koran Harian Pagi Papua)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here