JAKARTA (LINTAS PAPUA) –  Ada yang menarik di tahun 2019 ini. Di dunia digital muncul ‘tantangan baru’ yang diberi nama ‘The 10 Year Challenge’.

Jenis tantangan ini mengajak warganet untuk mengunggah dua foto mereka di waktu yang berbeda dalam rentang 10 tahun, yaitu foto jadul (zaman dulu) pada 2009 dan foto terbaru yang diambil pada tahun ini: 2019.

10 Year Challenge awalnya dimulai di Instagram, saat beberapa penggunanya mengunggah foto-foto mereka di feed dan Stories, hingga kemudian merebak ke ranah Facebook dan Twitter. Maka, tantangan ini masuk dalam trending topic global dalam tagar 10yearschallenge

Cara mengikuti 10 Year Challenge amatlah mudah, kamu hanya perlu mencari foto jadul pada 2009 di album Facebook, atau juga album pribadi yang ada di galeri smartphone kamu, lalu diunggah dengan tagar #10YearChallenge.

Menjadi menarik saat Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memasang dua fotonya ikut dalam tantangan ini dengan caption: “10 tahun lalu dan sekarang, tetap mengabdi untuk Negeri dan tetap selalu mencintai Indonesia”.

Tampil dalam pose, wajah, dan tampilan nyaris tak berbeda, itulah Sri Mulyani. Jabatannya pun sama!

Pada 2009, perempuan kelahiran Bandar Lampung, 26 Agustus 1962, ini menjabat sebagai Menteri Keuangan pada Kabinet Indonesia Bersatu jilid I pemerintahan SBY-JK.

Sri Mulyani menjabat sejak 7 Desember 2005, menggantikan Jusuf Anwar hingga 20 Oktober 2009. Pada masa itu, ia sempat menjabat Plt Menko Perekonomian, karena Boediono bersiap menjadi cawapres pada periode kedua SBY.

Begitu SBY terpilih kembali sebagai presiden dan Kabinet Indonesia Bersatu jilid II dibentuk, Sri Mulyani kembali menduduki pos Menkeu hingga 20 Mei 2010. Ia mundur karena mendapat kepercayaan sebagai salah satu Direktur Pelaksana Bank Dunia.

Sepuluh tahun berselang, Sri Mulyani kembali menjadi Menkeu di tengah periode Kabinet Kerja Jokowi-JK setelah menjadi pengganti Bambang Brodjonegoro sejak 27 Juli 2016.

Adapun Jokowi juga tak kalah keren. Pada 2009, ia masih menjabat Wali Kota Solo periode pertama. Sepuluh tahun berselang, ia sudah melompat karir: jadi Wali Kota Solo periode kedua, Gubernur DKI Jakarta, dan kini bersiap memasuki periode kedua sebagai Presiden Ketujuh RI.

Itulah nasib orang yang tak bisa ditebak. Jauh sebelum 10 tahun ke belakang, Jokowi hanyalah seorang pengusaha mebel. Menggeret sendiri kopernya, ia mengikuti pameran-pameran perdagangan internasional, termasuk di negeri Abang Sam alias Amerika Serikat.

Namun, sekian tahun berselang, Jokowi berdiri sejajar dengan presiden negara adidaya, termasuk dengan Presiden AS Barack Obama dan kini Donald Trump.

Omong-omong, bagaimana dengan 10 Year Challenge Anda dan idola Anda? (https://jokowidodo.app/post/detail/10-year-challenge-jokowi-dan-smi-memesona-bagaimana-dengan-anda )