Setelah UI, Alumni Universitas Lain Menyusul Dukung Presiden Jokowi

0
510

JAKARTA (LINTAS PAPUA)  – Kesuksesan deklarasi alumni UI 12 Januari lalu di Gelora Bung Karno segera akan diikuti deklarasi alumni universitas lainnya. Koordinator Alumni Trisakti, Cai Sinaga, mendorong aksi serupa yang akan dilakukan alumni almamaternya kepada pasangan Jokowi-Amin.

Deklarasi dukungan alumni UI untuk Jokowi-Amin Sabtu lalu sukses digelar. Acara deklarasi dihadiri ribuan alumni universitas lain, di antaranya Universitas Trisakti. Diperkirakan jumlah yang hadir di acara deklarasi itu sekitar 12.000 orang.

Menurut Ketua Umum Projo, Budi Arie Setiadi, acara itu dihadiri hampir oleh seluruh perwakilan perguruan tinggi di Indonesia, seperti UGM, ITS, ITB, IPB, UNS, Unair, Undip, Universitas Padjajaran, Parahiyangan, Trisakti, dan Atmajaya.

“Tanggal 12 Januari 2019 bukan sekadar Deklarasi Dukungan dari UI, tapi juga sebuah gerakan perjuangan rakyat untuk perubahan, membawa Indonesia yang optimis dan berkemajuan. Gerakan ini momentum bersatunya kaum intelektual dengan rakyat,” ujar Budi melalui keterangan tertulisnya yang dilansir laman Tribunnews, Sabtu (12/1/2019).

Menurut Ketua Tim Kampanye Daerah Jokowi-Maruf Amin Jawa Timur, Machfud Arifin, masyarakat sudah semakin paham, mana yang bekerja nyata, dan mana yang suka sebar fitnah.

“Politik akal miring enggak laku lagi di Indonesia. Saya yakin deklarasi-deklarasi dari alumni perguruan tinggi lain akan bermunculan,” katanya.

“Para alumnus perguruan tinggi dikenal memiliki pandangan yang kritis, tidak mudah didikte, sehingga ketika para alumnus itu menjatuhkan pilihan ke Pak Jokowi sudah pasti dilandasi pertimbangan yang matang. Mereka kaum terdidik yang rasional,” ujar Machfud, seperti dilansir laman Okezone, Minggu (13/1/2019).

Di tengah keprihatinan mendalam dari banyak pihak tentang meluasnya isu SARA, hoaks, dan kampanye yang berisi pesimisme, menurut Machfud, ternyata mencuat suara jelas dan tegas dari kaum terpelajar di Indonesia. Mereka menjatuhkan pilihan politiknya pada Jokowi-KH Maruf Amin.

9 Februari

“Deklarasi Trisakti for Jokowi pada 9 Februari 2019 mendatang sekaligus menyerahkan kertas kerja yang akan diserahkan kepada Pak Jokowi, sebagai usulan untuk pembangunan Indonesia yang berkeadilan dan siap bersaing,” paparnya.

Sementara itu Muhanto Hatta alias Ancho, Ketua Trisakti for Jokowi, menyatakan, sejak dua minggu lalu pihaknya sudah mendapatkan 500 dukungan dari alumnus Universitas Trisakti dari berbagai fakultas dan angkatan.

“Yang tadi, dalam dua minggu kita rasanya mengumpulkan 500-an lintas angkatan dan fakultas. Saya angkatan 81, ada yang di atas (angkatan) 76, 79. Yang baru-baru tuh kemarin, 2001. Kami kepengin adik-adik 2000-an juga gabung,” kata Ancho, seperti dikutip Tribunnews, Sabtu (12/1/2019).

Ancho juga mengatakan, kehadiran alumni Trisaksi dari berbagai fakultas dan angkatan, menjadi penting untuk bersama-sama menunjukkan bahwa kelompok intelektual sudah bergerak bersama pasangan nomor urut 01.

“Kami mau menjaga dan memastikan cita-cita reformasi 1998 tetap terjaga dan itu hanya bisa dilakukan oleh Jokowi-Ma’ruf Amin,” ujar Ancho. (https://jokowidodo.app/post/detail/alumni-universitas-trisakti-dukungan-ke-jokowi-untuk-menjaga-cita-cita-reformasi )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here