Melalui Forum Kemitraan Polisi Masyarakat (FKPM), Legislator Papua, Yonas Nusi minta perlu adanya satu lembaga khusus yang memberikan ruang kepada masyarakat untuk berperan aktif menangani permasalahan yang terjadi di lingkungan sekitarnya. (Ardiles / lintaspapua.com )

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) –  Melalui Forum Kemitraan Polisi Masyarakat (FKPM), Legislator Papua, Yonas Nusi minta perlu adanya satu lembaga khusus yang memberikan ruang kepada masyarakat untuk berperan aktif menangani permasalahan yang terjadi di lingkungan sekitarnya.

Sebagaimana di ketahui sesuai dengan keputusan Kapolri Nomor 3 tahun 2015 tentang Polisi Masayarakat ( Polmas) bertujuan memberikan ruang kepada masyarakat agar lebih berperan aktif.

 

Menurut anggota DPR Papua,  Yonas Nusi bahwa dengan melihat kondisi situasional yang sering terjadi di Papua, perlu adanya sebuah kelembagaan yang terstruktur.

 

“Tujuan lembaga ini di bentuk sekalipun ada dalam tubuh kepolisian, tetapi hal ini di lakukan guna menghilangkan rasa takut dengan hadirnya polisi di tengah masyarakat,”ujar Yonas kepada sejumlah wartawan di Jayapura, Selasa (8/1/2019).

 

Menurutnya melihat hal ini, kata Yonas, sangat baik jika ada satu lembaga yang lahir lewat FKPM yang melibatkan masyarakat (Pemuda/i) untuk berargumen, mengungkapkan kondisi apa saja yang terjadi di lingkungannya.

“Sebab saudara-saudara kita di pedalaman dengar nama polisi atau tentara saja mereka sudah takut, apalagi mereka mau sampaikan situasi yang terjadi.Oleh karena itu sangat baik untuk membentuk satu lembaga lewat forum ini,” jelasnya.

Sambung Yonas yang juga anggota Komisi I DPR Papua, bukan saja masyarakat yang terlibat namun ada dari pihak TNI/Polri, kejaksaan semua akan terlibat di dalamnya supaya lembaga ini dapat terstruktur dengan baik.

“Ketika lembaga ini dibentuk secara independen maka perlu di fasilitasi dari pemerintah dalam menyangkut pembiayaan yang jelas, sehingga ketika ada masalah yang terjadi di masyarakat masalah itu tidak sampai ke meja hijau,” tandasnya.

Lanjut kata Yonas terkait hal ini dirinya sudah menawarkan pembentukan forum ini kepada polda Papua, sehingga Forum ini tetap pada tubuh kepolisian namun lembaga tersebut di luar struktur.

“Kita tetap akan melakukan kordinasi dalam rangka fungsi kamtimbnas Polri tetap melekat dalam forum itu.Tetapi keterlibatan dalam organisasi ini harapan kita menghadirkan partisipasi aktif dari masyarakat,” pungkas Yonas.  (Ardiles / lintaspapua.com )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here