Pemprov Papua Cari Lahan 35 Hektar untuk Pembangunan SMA Taruna Nusantara

0
636
Sekretaris Daerah (Sekda) Papua, Hery Dosinaen memastikan, tengah mencari dan mempersiapkan lahan, sebagai lokasi pembangunan SMA Taruna Nusantara. (Berti Pahabol / lintaspapua.com )

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  –  Sekretaris Daerah (Sekda) Papua, Hery Dosinaen memastikan, tengah mencari dan mempersiapkan lahan, sebagai lokasi pembangunan Sekolah Menengah Atas (SMA) Taruna Nusantara.

Kendati demikian, pencarian lahan dipastikan belum dapat dirampungkan dalam waktu dekat. Sebab luas lahan yang dipersyaratkan sangat besar, yakni mencapai 35 hektar.

“Intinya kami seda g mencari lahan atau tempat yang representatif. Sebab dari Kementerian Pertehanan meminta lokasi sampai dengan luas 35 hektar. Ini bukan tempat yang kecil sehingga kita butuh waktu”.

“Nanti setelah sudah kepastian lokasi barulah kita sampaikan kepada pemerintah pusat, yakni melalui kementerian pertahanan untuk segera diproses melakukan pembangunan,” ujar  Sekda Hery Dosinaen, di Jayapura, kemarin.

Kendati demikian, Sekda berharap kementerian pertahanan tak hanya bertanggung jawab pada penyediaan anggaran untuk pembangunan gedung SMA Taruna Nusantara. Tetapi, bertanggung jawab mempersiapkan program kurikulum, SDM tenaga pengajar dan hal terkait lainnya.

“Dalam artian kita ingin leading sectornya adalah kementerian pertahanan yang turut mengelola lembaga pendidikan itu. Dan kalau bisa disamaratakan dengan SMA Taruna Nusantara yang ada di Magelang. Yang kami harapkan seperti itu sehingga prosesnya kedepan bisa lebih maksimal,” tutur dia.

Sebelumnya, Ketua Tim Pakar Khusus Manajemen Pertahanan Kementerian Pertahanan, MayjenTNI (Purn) Joko Sutrisno, mengakui kunjungannya ke Jayapura, beberapa waktu lalu, selain dalam rangka melihat langsung penanganan masalah pertahanan di bumi cenderawasih, juga untuk mendirikan SMA Taruna Nusantara.

Dengan dibangunnnya lembaga pendidikan itu, diharapkan dapat direkrut putra dan putri asli Papua yang potensial untuk kemudian dibina di SMA unggulan tersebut.

“Sebab saya yakin pembangunan SMA Taruna Nusantara di Papua kedepan bakal menjadi proyek percontohan untuk kemudian diterapkan pada sejumlah daerah lainnya di Indonesia,” tegas dia. (Berti Pahabol / lintaspapua.com )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here