Bapa Lukas Enembe dan Ibu Yulce Wenda saat mencoblos dan memasukan surat suara kedalam kotak suara. Pada Pemilukada 2018. (FOTO ISTIMEWA)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  – Pelaksanaan Pemilu Legislatif 2019 di bumi cenderawasih yang pada beberapa wilayah masih menggunakan sistem noken, diprediksi bakal menimbulkan konflik. Hal ini diakui Gubernur Papua,  Lukas Enembe, kepada pers di Jayapura, kemarin.

“Sebab dalam Pilkada pun sistem noken ini masih kerap menjadi hal yang diperdebatkan bahkan sampai kepada gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK),” katanya.

Dikatakan, untuk kursi DPR RI, seluruh calon wakil rakyat yang ada diatas tanah ini bakal memperebutkan kursi 10 kursi dari daerah pemilihan Papua. Jumlah itu bakal diperebutkan oleh 16 partai politik.

Sehingga dia prediksi jika terjadi konflik bakal meunculkan korban manusia. “Dan saya melihatnya seperti itu (gejalanya,red). Maka itu, diharapkan agar seluruh warga bisa menjaga keamanan dan kedamaian saat Pileg nanti.

“Sebab kalau Pilpres kemungkinan konflik tak bakal ada sebab seluruh suara rakyat Papua dipastikan pada 2019 nanti akan memberikan suaranya kepada Presiden Joko Widodo. Itu sudah pasti. Bahkan para bupati – bupati pun sudah mulai berkerja,” tegasnya.

Sebelumnya, Badan Intelejen Negara (BIN) memastikan, pelaksanaan Pemilu Legislatif di wilayah kabupaten, merupakan pesta demokrasi paling rawan konflik di Bumi Cenderawasih. Hal demikian sebagaimana pelaksanaan Pileg di Kabupaten Tolikara, yang memakan korban jiwa salah seorang calon legislatif dari Partai Golkar, hingga memicu perang suku.

Kepala Badan Intelijen Negara Daerah (Kabinda) Papua, Brigjen TNI Abdul Haris Napoleon, mengatakan hal itu di Jayapura, dalam satu kesempatan, pekan lalu.

Untuk itu, dia meminta aparat keamanan baik TNI maupun Polri serta pimpinan daerah terkait agar mewaspadai pelaksanaan Pileg di wilayah kabupaten. Upaya ini, untuk mengantisipasi jatuhnya korban jiwa saat Pileg 2019 mendatang di Papua. (Harian Pagi Papua)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here