Dinas TPH Siapkan Kebutuhan Konsumsi Atlet dan Official PON XX 2020

93
Ilustrasi Sejumlah Atlet Papua perahi prestasi emas di PON XIX 2016 lalu di Jawa Barat . (Eveerth Joumilena / lintaspapua.com)

SENTANI (LINTAS PAPUA) – Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Kabupaten Jayapura siapkan kebutuhan konsumsi para peserta baik itu atlet dan official pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2020, yang akan berlangsung di enam (6) cluster di Bumi Cenderawasih yakni, Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Jayawijaya, Kabupaten Biak Numfor, Kabupaten Mimika dan Kabupaten Merauke.

Hal ini ditegaskan Kepala Dinas Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Kabupaten Jayapura, Adolf  Yokhu, SP, MM, ketika ditemui Harian Pagi Papua beserta tiga awak media cetak maupun online local Papua, diruang kerjanya, Kamis (13/12/2018) kemarin sore.

Kepala Dinas Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Kabupaten Jayapura, Adolf Yokhu, SP, MM., saat diwawancara. (Irfan / HPP)

Kepala Dinas TPH Kabupaten Jayapura, Adolof Yoku, S.P., M.M., mengatakan, pihaknya akan mendukung penuh pelaksanaan PON XX Tahun 2020 dengan menyiapkan pangan yang terdiri dari beras, sayuran, buah-buahan, pangan local baik segar maupun olahan, untuk dikonsumsi atau sebagai leh-oleh (buah tangan) oleh peserta PON XX Tahun 2020.

“Jadi, kita di Dinas TPH akan support dengan menyiapkan pangan seperti beras, sayuran, buah-buahan, pangan local yang segar maupun olahan untuk dikonsumsi atau sebagai buah tangan bagi para peserta PON XX,” kata Adolof Yoku yang juga didaulat sebagai pemateri dalam kegiatan Rapat Kerja (Raker) I Karang Taruna Kabupaten Jayapura, di GSG Wanita Thabita, Kamis (13/12/2018) kemarin sore.

Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Jayapura telah menetapkan beberapa komoditas, luasan dan juga lokasi di daerah ini, untuk diprogramkan baik itu melalui APBN maupun APBD dan DAU Kabupaten Jayapura.

“Kiranya rencana program peningkatan produksi beras, sayuran, buah-buahan dan pangan local ini mendapat dukungan dari berbagai pihak seperti Kementerian Pertanian maupun pihak lainnya,” ucap Adolof Yoku.

Terkait Provinsi Papua sebagai tuan rumah PON XX Tahun 2020, kata Kadis Adolof, ini suatu kehormatan bagi kita di Papua. Karena sesuai stagmen dari Gubernur Papua, bahwa penyelenggaraan PON XX Tahun 2020 di Papua itu merupakan martabat dan juga harga diri orang Papua.

“Selain sukses pelaksanaan PON XX, itu ada empat yang diusung yakni, sukses prestasi, sukses penyelenggaraan, sukses ekonomi dan juga sukses administrasi,” imbuhnya.

Apalagi di Kabupaten Jayapura, Adolof juga menyatakan, mendapatkan jumlah cabang olahraga (Cabor) yang cukup besar yakni 19 Cabor dan jumlah peserta atlet maupun official yang terbanyak jumlahnya.

“Nah, untuk sukses ekonomi itu diterjemahkan dalam bentuk PON XX itu harus memberi dampak pada lompatan ekonomi masyarakat Kabupaten Jayapura, terutama berkembangnya produk pangan local,” katanya.

“Selain itu juga, memberi kesempatan pada kita di Dinas TPH untuk memberdayakan petani Papua. Dimana, petani Papua ini diharapkan dapat menyediakan pangan segar dan juga olahan seperti beras, sayuran, buah-buahan, sabun buah merah, minuman buah merah, sari buah coklat, kripik keladi atau ubi jalar dan pangan lain yang berkualitas,” tandasnya. (Irfan / Harian Pagi Papua)