Adolf Yokhu : Karang Taruna Kab. Jayapura Harus Bergerak di Sektor Pertanian

58
Kepala Dinas Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Kabupaten Jayapura, Adolf Yokhu, SP, MM., saat memimpin rapat konsultasia Karang Taruna Kabupaten Jayapura. (Irfan / HPP)

SENTANI (LINTAS  PAPUA) – Kepala Dinas Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Kabupaten Jayapura, Adolf  Yokhu, SP, MM.,  meminta kepada Karang Taruna (Katar) Kabupaten Jayapura, terutama di tingkat Distrik dan Kampung dalam menyusun program kerja ke depan, untuk dapat memperhatikan sektor usaha pertanian.

Hal ini disampaikan Adolf Yokhu saat ditemui diruang kerjanya, usai menjadi narasumber dalam kegiatan Rapat Kerja (Raker) I Tahun 2018 Karang Taruna Kabupaten Jayapura, yang berlangsung di GSG Wanita Thabita, Kota Sentani, Kabupaten Jayapura, Jumat (14/12/2018) sore pekan lalu.

Adolf demikian sapaan akrabnya menuturkan, untuk menuju Tahun 2020 itu sesuai dengan agenda nasional, di Papua akan menjadi tuan rumah pelaksanaan iven Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2020.

“Sebab, disini akan dibutuhkan suplai bahan pangan dalam jumlah banyak. Untuk itu, perlu disikapi juga oleh kalangan pemuda termasuk Karang Taruna,” katanya.

Peran Karang Taruna, lanjut Adolf, pentingnya peran pemuda lewat wadah Karang Taruna. Sebab, keberadaan Katar sampai ke kampung-kampung. Sektor pertanian adalah sektor riil yang benar-benar jika dikelola dengan baik dan serius, maka dapat berdampak pada pertumbuhan perekonomian.

Menurut Adolf, keterlibatan Katar di masyarakat bisa berupa pembentukan kelompok-kelompok usaha pertanian yang terdiri dari pemuda-pemudi dengan membuka kebun-kebun rakyat. Baik kebun untuk tanaman palawija, sayur-sayuran dan tanaman bernilai ekonomi lainnya.

“Kami dari Dinas TPH Kabupaten Jayapura sebagai salah satu OPD di lingkup Pemerintah Kabupaten Jayapura bersedia dan membuka diri untuk bermitra dengan pemuda lewat wadah karang taruna dengan fokus pada sektor pertanian,” tuturnya.

Adolf menegaskan, jika pemuda perkuat sektor pertanian di Kabupaten Jayapura ini, maka ke depan terutama saat pelaksanaan PON XX Tahun 2020 mendatang, semua kebutuhan pangan bisa di suplai oleh kebun-kebun rakyat yang di miliki oleh para pemuda.

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Kabupaten Jayapura, Alfons Awoitauw, S.IP, M.KP menyatakan bahwa pihaknya sangat menyambut baik rencana kemitraan dengan Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (DTPH) Kabupaten Jayapura untuk perkuat pemuda guna menekuni usaha lewat sektor pertanian.

“Apa yang disampaikan oleh DTPH Kabupaten Jayapura kedepan akan kami tindaklanjuti lewat program kerja karang taruna. Supaya, pemuda di kampung-kampung dan distrik lewat Karang Taruna dapat diberdaya di sektor pertanian,” ungkapnya.

Untuk itu, dirinya mengharapkan supaya, OPD lain di lingkungan Pemerintah Kabupaten Jayapura, terutama yang bersentuhan langsung dengan masyarakat kampung dapat menjaling kerjasama untuk memberdayakan masyarakat kampung lewat pemuda. (Irfan / Harian Pagi Papua)