SENTANI (LINTAS PAPUA)  –  Kapolres Jayapura AKBP Victor Dean Mackbon, SH,  S.IK., MH, M.Si, menerima apresiasi dan penghargaan Zona Integritas menuju WBK/WBBM (Wilayah Bebas Korupsi/Wilayah Bebas Bersih Melayani) tahun 2018 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Penghargaan itu pun diserahkan langsung oleh Menpan-RB Drs. Syafruddin, M.Si, di Ballroom The Sultan Hotel and Residence Senayan Jakarta, Senin (10/12/2018) kemarin pagi.

Acar penganugerahan predikat ini dihadiri Wakil Presiden (Wapres) RI Jusuf Kalla, Wakapolri Komjen Ari Dono S, pejabat kementerian dan para pejabat dari lembaga lainnya.

Penganugerahan ini diikuti oleh 59 unit kerja di lingkungan Kepolisian, 13 unit kerja di Kejaksaan Agung, 7 di Mahkamah Agung dan 10 unit kerja di Kemenkum HAM.

Dalam acara ini Polres Jayapura satu – satunya wakil dari Provinsi Papua yang menerima Penganugrahan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM tahun 2018.

Kapolres Jayapura AKBP Victor D. Mackbon, SH., S.IK., MH., M.Si mengatakan “Pembangunan ZI merupakan bagian dari reformasi birokrasi yang dilakukan oleh Kapolri untuk menghasilkan unit kerja di Kepolisian yang pemimpin dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan WBK dan WBBM, khususnya dalam pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

“Semua dalam rangka mewujudkan Zona Integriras Polres Jayapura harus memenuhi persyaratan penilaian antara lain Manajemen Perubahan, Penatalaksanaan, Penataan Sistem Manajemen SDM, Penguatan Akuntabilitas, Penguatan Pengawasan dan Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik,” katanya.

Ditambahkan, dalam hal ini, proses penilaian sepanjang tahun 2018 dan membuahkan hasil dengan mendapat penghargan ZI WBK.

“Diharapkan agar masyarakat tahu dan bisa mengawasi kinerja Polres Jayapura dalam memberikan pelayanan, sudah jelas norma waktu dan persyaratan yang tidak sulit melalui simplifikasi dokumen, bebas dari biaya, pungli dan gratifikasi,”  tutur Kapolres Jayapura.

Dikatakan,  perlu dukungan dan peran aktif dari seluruh stakeholder dan masyarakat untuk memberikan saran, masukan dan kritikan sehingga pembangunan ZI menuju WBK dan WBBM dapat terus dilaksnakan secara konsisten di Wilayah Hukum Polres Jayapura dan berharap di instansi pemerintahan lainnya yg ada di Kabupaten Jayapura bisa bersama – sama bergandengan tangan membangun komitmen wilayah bebas dari korupsi. (Irfan / Harian Pagi Papua)