JAKARTA (LINTAS PAPUA)  – American Indonesian Exchange Foundation (AMINEF) mempromosikan beasiswa Community College Initiative (CCI) Program bagi warga Papua dan Papua Barat di Manokwari dan Jayapura pada 15 dan 17 Desember mendatang.

Serangkaian acara khusus akan digelar oleh AMINEF berupa sesi informasi seputar beasiswa CCI Program, diskusi panel yang melibatkan alumni CCI Program asal Manokwari dan Jayapura, dan dilanjutkan dengan workshop menulis formulir aplikasi yang dipandu oleh alumni sebagai mentor.

Hal ini disampaikan Associate Communications Officer, Miftahul Mardiyah, sekaligus menjelaskan, bahwa pelamar beasiswa CCI Program mempunyai waktu sampai dengan 31 Desember 2018 untuk mengirim aplikasinya untuk keberangkatan studi ke Amerika Serikat pada Juli 2019.

“Jadwal acara di Manokwari adalah pada hari Sabtu 15 Desember, bertempat di di Swiss Belhotel. Sedangkan di Jayapura pada hari Senin 17 Desember bertempat di Grand ABE Hotel. Acara ini terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya,” ujar Associate Communications Officer, Miftahul Mardiyah, dalam keterangannya kepada lintaspapua.com , Kamis (13/12/2018).

Dirinya menjelaskan, bahwa kegiatan ini akan melibatkan alumni CCI, dimana salah satunya yaitu Robertho Monim, alumnus 2018 CCI asal Jayapura akan bergabung sebagai salah satu panelis. Ia menyatakan bahwa keikutsertaannya dalam program dua semester di Amerika tersebut meningkatkan kemampuannya di tempat kerja, dan memotivasinya untuk lebih banyak melakukan kegiatan sosial kemasyarakatan seperti yang ia lakukan sekarang sebagai sukarelawan dalam mengajar bahasa Inggris dan topik Kewirausahaan kepada anak-anak usia 13-18 tahun di kotanya.

Tahun 2019 adalah tahun yang istimewa untuk program beasiswa CCI karena AMINEF telah menerima hibah khusus dari Kedutaan Besar Amerika Serikat Jakarta dalam rangka memperingati 70 tahun hubungan bilateral Indonesia dan Amerika Serikat. Enam penerima beasiswa akan disebut sebagai penerima beasiswa 70th Anniversary US-Indonesia Bilateral Relations.

Tentang Community College Initiative (CCI) Program dijelaskan, bahwa CCI Program adalah program pengembangan akademik non-gelar yang bertujuan mengembangkan kemampuan teknis peserta, meningkatkan kapabilitas kepemimpinan, dan memperkuat kemampuan berbahasa Inggris.

 

CCI Program juga memberikan kesempatan magang kerja dan melakukan aktifitas layanan di komunitas setempat. Prioritas diberikan untuk anggota masyarakat yang memiliki kesempatan terbatas untuk studi di luar negeri. Di tahun 2017, CCIP merayakan 10 tahun berjalannya program.

Selama masa tersebut, lebih dari 350 warga negara Indonesia telah mendapatkan kesempatan meningkatkan ketrampilan teknis mereka di bidang, antara lain, pertanian, manajemen bisnis, pendidikan usia dini, teknologi informasi, media, pengelolaan pariwisata dan perhotelan, serta keselamatan masyarakat.

Informasi lengkap dan terkini seputar CCI tersedia di website AMINEF www.aminef.or.id /Grants for Indonesians/Fellowships/Community College Initiative Program

Tentang AMINEF kepanjangan dari  American Indonesian Exchange Foundation adalah Komisi Fulbright dwibangsa yang mengelola program beasiswa Fulbright dan program pertukaran belajar lainnya di Indonesia. Pada tahun 2017, AMINEF merayakan ulang tahunnya yang ke-25 sedangkan program Fulbright sendiri merayakan ulang tahunnya di Indonesia yang ke-65. Informasi lebih lanjut mengenai AMINEF serta program-program beasiswa yang dikelolanya dapat diakses melalui www.aminef.or.id. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here