Dishub Presentasikan Perencanaan Pekerjaan Kapal Dihadapan Bupati Jayapura

36
Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si., saat menghadiri Presentasi Kapal, yang berlangsung di Ruang Rapat Wakil Bupati Jayapura, Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Jumat (07/12/2018) pagi. (Irfan / HPP)

SENTANI (LINTAS PAPUA) – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Jayapura lakukan presentasi dihadapan Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, S.E, M.Si, terkait perencanaan pekerjaan kapal yang akan digunakan di Danau Sentani dalam menjawab modal transportasi danau, yang dilaksanakan di Ruang Rapat Wakil Bupati Jayapura, Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani,  Kabupaten Jayapura, Jumat (7/12/2018) kemarin pagi.

“Selaku kepala daerah, saya sangat mendukung rencana pekerjaan kapal yang sedang di gagas oleh Dinas Perhubungan. Karena akan menunjang pelaksanaan PON XX Tahun 2020 dan juga pengembangan kepariwisataan di Danau Sentani,” ujar Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si., dalam arahannya saat menghadiri presentasi perencanaan pekerjaan kapal, di Ruang Rapat Wakil Bupati Jayapura, Kantor Bupati Jayaputa, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, Jumat (7/12/2018).

Menurut Bupati Mathius, bahwa kapal untuk moda transportasi akan mendorong sektor pariwisata di Danau Sentani. Dalam waktu dekat, melalui anggaran Dinas Perhubungan pada bulan Januari tahun 2019 mendatang akan dibangun semacam galangan kapal kecil. Disitu akan dibangun kapal yang dibutuhkan untuk menunjang aktivitas kepariwisataan dan juga moda transportasi.

“Sementara ini tidak mungkin kapal dikerjakan dilaut akan dibawa ke danau karena ada banyak kesulitan, sehingga di rencanakan kapal untuk kebutuhan di danau akan di kerjakan di Kabupaten Jayapura,” tuturnya.

Untuk itu, Mathius memberikan apresiasi kepada Dinas Perhubungan yang telah merencanakan pembuatan kapal. Diharapkan dengan adanya tempat pembuatan kapal tersebut, ke depan dapat membantu pengadaan kapal untuk tujuan kepariwisataan.

Sementara itu ditempat yang sama, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Jayapura, Alfons Awoitauw, S.IP menjelaskan bahwa sesuai dengan perencanaaan yang pihaknya buat, kapal pertama yang akan di buat menghabiskan waktu sembilan bulan.

Alfons menerangkan, berdasarkan penjelasan kontraktor bahwa kapal yang akan dikerjakan tersebut akan disediakan ruang  bermain anak. Sehingga kapal tersebut dalam keberadaannya menjadi kapal ramah anak, guna mendukung program Kabupaten Jayapura menuju Kabupaten Layak Anak.

“Rencana pengerjaan kapal tersebut akan dimulai awal tahun depan. Kami berharap agar kapal tersebut cepat dikerjakan dan selanjutnya dapat di gunakan sebagai moda transportasi di danau,” harap Kadishub Alfons Awoitauw kepada wartawan usai kegiatan presentasi.

Alfons menambahkan, kapal tersebut kedepan akan digunakan untuk melayani para wisatawan. Selain itu, kapal akan digunakan pada saat peelaksanaan PON XX Tahun 2020 di Papua. (Irfan / Harian Pagi Papua)