Inovasi RM Papeda Polres Jayapura Dipamerkan dalam IPSF 2018

0
26

SENTANI (LINTAS PAPUA) – Polri Jayapura ambil bagian dalam ajang International Public Service Forum (IPSF) 2018 yang digelar selama dua hari mulai tanggal 7-8 November 2018 di Jakarta Convention Center (JCC). Di ajang tersebut, Polres Jayapura memamerkan inovasi RM Papeda (Rumah Masyarakat Papua Penuh Damai).

Kapolres Jayapura AKBP Victor D. Mackbon, S.H., S.IK., M.H., M.Si dalam risikonya yang dikirim ke wartawan harian ini melalui pesan WhatsApp, Kamis (8/11) kemarin mengatakan, setelah masuk dalam Top 40 Inovasi Pelayanan Publik, RM Papeda mendapat kesempatan untuk membuat stand pameran yang dilaksanakan selama 2 hari mulai tanggal 7 hingga 8 November 2018.

“Hal ini guna memperkenalkan kepada masyarakat serta pengunjung pameran IPSF 2018, bagaimana program ini dijalankan. Inovasi RM Papeda sendiri merupakan frekuensi Kamtibmas melalui Handy Talky (HT). Nah, melalui frekuensi ini kita mensinergitaskan unsur – unsur pemerintahan di daerah khususnya di wilayah Kabupaten  Jayapura. Yang mana, salah satu contohnya, jika ada suatu kejadian ataupun bencana masyarakat dapat melaporkannya melalui frekuensi RM Papeda. Sehingga dapat cepat ditanggapi,” kata Kapolres Jayapur AKBP Victor D. Mackbon, S.H., S.IK., M.H., M.Si, Kamis (8/11) kemarin.

Kapolres Victor juga menambahkan, selain menampilkan dokumentasi Inovasi RM Papeda, pengunjung juga dapat mencoba berkomunikasi serta berinteraksi langsung dengan pengguna RM Papeda yang ada di Kota Sentani, Kabupaten Jayapura, dengan menggunakan aplikasi yang ada di ponsel atau handphone (HP) android yang telah disediakan.

“Ya, pengunjung sangat antusias mendatangi stand RM Papeda Polres Jayapura, yang dibuktikan dengan 200 pengunjung pada hari pertama atau tanggal 7 November 2018. Hal itu juga dikarenakan kami satu – satunya mewakili Provinsi Papua, khususnya Polda Papua yang berhasil masuk pada jajaran Top 40 Inovasi Pelayanan Publik. Dan, di stand pameran kami juga menyiapkan satu gelas kopi Papua bagi para pengunjung pameran,” terang Kapolres Victor.

Selain stand pameran peraih Top 40 Inovasi Pelayanan Publik di seluruh Indonesia pada rangkaian The International Public Service Forum (IPSF) Tahun 2018 ini juga diikuti sejumlah stand mancanegara seperti dari Filipina, Azerbaijan, Georgia dengan total 128 stand pameran.

Pada kesempatan tersebut, Polres Jayapura membuka stand pameran RM Papeda guna memperkenalkan inovasi sekaligus menjelaskan kepada para pengunjung yang datang diantaranya Wakapolri Komjen. Pol. Drs. Ari Dono Sukmanto, S.H, Asrena Polri Irjen. Pol. Drs. Gatot Eddy Pramono, M.Si, Kapolda Jambi Irjen. Pol. Drs. Muchlis A.S., MH yang diterima langsung oleh Kapolda Papua diwakili Wakapolda Papua Brigjen Pol. Drs. Yacobus Marjuki didampingi Kapolres Jayapura AKBP Victor D. Mackbon, S.H., S.IK., M.H., M.Si dan Wakil Bupati Jayapura Giri Wijayantoro serta anggota RM Papeda. (Irfan / Koran Harian Pagi Papua)