Presiden Jokowi Terima Surat Kepercayaan 13 Duta Besar Negara Sahabat

0
48
Akua Sekyiwa Ahenkora, Duta Besar LBBP Designate Non Resident Republik Ghana untuk Republik Indonesia, berkedudukan di Kuala Lumpur, Malaysia. (Biro Pers Setpres)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) –  Presiden Joko Widodo menerima surat kepercayaan dari 13 duta besar luar biasa dan berkuasa penuh (LBBP) dari negara sahabat baik yang berkedudukan di dalam (designate resident) maupun luar Indonesia (designate non resident) pada Kamis, 8 November 2018. Penyerahan surat kepercayaan tersebut digelar di ruang kredensial, Istana Merdeka, Jakarta, sekira pukul 11.00 WIB.

 

Dari jumlah tersebut, sebanyak 9 orang di antaranya berkedudukan di Jakarta, sementara 4 orang lainnya berkedudukan di luar Indonesia. Penyerahan surat kepercayaan tersebut menandai dimulainya penugasan resmi dari para duta besar tersebut di Indonesia. Adapun ketigabelas duta besar negara sahabat yang diterima Presiden Joko Widodo pagi ini ialah:

 

  1. Stephane De Loecker, Duta Besar LBBP Designate Resident Kerajaan Belgia untuk Republik Indonesia;
  2. Jari Sinkari, Duta Besar LBBP Designate Resident Republik Finlandia untuk Republik Indonesia;
  3. Marina Berg, Duta Besar LBBP Designate Resident Kerajaan Swedia untuk Republik Indonesia;
  4. Kurt Kunz, Duta Besar LBBP Designate Resident Konfederasi Swiss untuk Republik Indonesia;
  5. Olivia Leslie, Duta Besar LBBP Designate Resident Republik Irlandia untuk Republik Indonesia;
  6. Peter Schoof, Duta Besar LBBP Designate Resident Republik Federal Jerman untuk Republik Indonesia;
  7. Abdallah Suliman Abdallah Anu Romman, Duta Besar LBBP Designate Resident Kerajaan Hasyimiah Yordania untuk Republik Indonesia;
  8. Gerardo Prato, Duta Besar LBBP Designate Resident Republik Oriental Uruguay untuk Republik Indonesia;
  9. Mehmed Halilovic, Duta Besar LBBP Designate Resident Bosnia dan Herzegovina untuk Republik Indonesia;
  10. Akua Sekyiwa Ahenkora, Duta Besar LBBP Designate Non Resident Republik Ghana untuk Republik Indonesia, berkedudukan di Kuala Lumpur, Malaysia;
  11. Makarimi Abissola Adechoubou, Duta Besar LBBP Designate Non Resident Republik Benin untuk Republik Indonesia, berkedudukan di Tokyo, Jepang;
  12. Martha Mavrommati, Duta Besar LBBP Designate Non Resident Republik Siprus untuk Republik Indonesia, berkedudukan di Canberra, Australia;
  13. Mayor Jenderal Lineo Poopa, Duta Besar LBBP Designate Non Resident Kerajaan Lesotho untuk Republik Indonesia, berkedudukan di Kuala Lumpur, Malaysia.

 

Penyerahan surat kepercayaan duta besar negara sahabat tersebut dimulai dengan seremonial upacara penyambutan di halaman depan Istana Merdeka. Satu per satu lagu kebangsaan negara sahabat diperdengarkan secara bergantian.

 

Selanjutnya, secara bertahap para duta besar menuju ruang tunggu Istana Merdeka guna mengisi buku tamu sebelum menuju ruang kredensial dan menyerahkan surat kepercayaan kepada Presiden Joko Widodo. Acara dilanjutkan dengan veranda talk antara Presiden Jokowi dan para duta besar tersebut.

 

Dalam acara penyerahan surat-surat kepercayaan duta besar negara sahabat kali ini, Presiden Joko Widodo didampingi oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung. (Biro Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden )