Pemkot Jayapura Bantu Prasarana Budidaya di Kampung Enggros dan Tobati

0
47
Asisten II Drs. M. Nurjainuddin Konu menyerahkan bantuan bibit ikan bandeng kepada penerima. (ISTIMEWA)

JAYAPURA  (LINTAS PAPUA) – Pemerintah Kota Jayapura terus berupaya meningkatkan perekonomian masyarakat dengan menyalurkan paket bantuan berupa sarana prasarana budidaya kepada masyarakat di Kampung Enggros dan Tobati yang menggunakan dana otonomi khusus (otsus) 2018.

 

Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kota Jayapura, Drs. M. Nurjainuddin Konu, MKP.,  menyerahkan secara simbolis bantuan tersebut berupa keramba jaring tancap, benih ikan bandeng dan pakan ikan, di kantor Kampung Enggros, distrik Abepura, Jumat (9/11/2018).

Suasana Kampung Enggros. Kota Jayapura (Eveerth Joumilena / LintasPapua.com)

Adapun rincian bantuan keranja jaring tancap (KJP) pembudidaya ikan air laut di Kampung Tobati dan Kampung Enggros masing-masing sebanyak delapan Orang Asli Papua dengan bantuan KJP delapan petak, benih ikan 4.800 ekor dan pakan ikan 80 sak.

 

Nurjainuddin mengatakan,  dengan bantuan yang disalurkan kiranya masyarakat dapat memanfaatkan secara baik dan maksimal.

 

“Saya harapkan melalui bantuan ini, peningkatan produksi perikanan bertambah sehingga memenuhi kebutuhan perikanan di kota Jayapura,” tuturnya.

 

Agar masyarakat lanjut Nurjainuddin,dikedua kampung Enggros dan Tobati menjadi pengusaha sebagai bentuk peningkatan ekonomi dalam keluarga.

Keindahan Teluk Youtefa, tampak Hamadi dan Kampung Tobati dan Holtekamp yang masih dilalui dengan perahu, sehingga akan dibangun jembatan penyeberangan. (Eveerth Joumilena /LintasPapua.COM)

“Hasilkan ikan dengan kualitas baik sesuai dengan kebutuhan pasar sehingga memiliki pelanggan tetap dan menerapkan majemen yang baik. Bantuan ini merupakan stimulan untuk terus bangkit, mandiri, dan sejahtera,” ujar Nurjainuddin.

 

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan Kota, Elsye P. Rumbekwan, S.Pi, M.Si., mengatakan paket bantuan hibah bertujuan guna meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) pembudidaya ikan di Kampung Enggros dan Kampung Tobati.

 

“Bantuan ini dapat meningkatkan pendapatan sehingga membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan perekonomian sehari-hari. Kami juga evaluasi, kalau berhasil bantuannya kami tambah,” ujar Elsye. (Ardiles/ lintaspapua.com )