Dukung PON XX 2020, LMR-RI Komwil Papua Bersihkan Jalan Utama Bandara Sentani

0
45
Komandan LMR-RI Wilayah Papua, Imam Syafe’i, SE bersama puluhan anggotanya saat membersihakan sampah dalam parit di sepanjang jalan utama masuk Bandara Sentani, Rabu (07/11/2018). (Irfan / HPP)

SENTANI (LINTAS PAPUA) – Puluhan anggota Lembaga Missi Reclasseering – Republik Indonesia (LMR-RI) Komando Wilayah (Komwil) Papua melakukan karya nyata di tengah-tengah masyarakat dengan cara membersihkan Kota Sentani, Kabupaten Jayapura, Rabu (7/11) kemarin pagi.

Aksi bersih-bersih itu dilakukan sebagai bentuk dukungan terhadap pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-XX tahun 2020 mendatang di Papua di sejumlah titik seperti membersihakan sampah dalam parit di sepanjang jalan utama masuk Bandara Sentani dan membersihkan sampah di trotoar sepanjang jalan utama masuk Bandara Sentani.

Komandan LMR-RI Komwil Papua, Imam Syafi’i, S.E, yang memimpin langsung kerja bakti tersebut. Bahkan, dia juga ikut langsung memungut sampah yang berserakan di sejumlah titik di Kota Sentani, Kabupaten Jayapura.

 

“Secara kelembagaan kami siap mendukung pelaksanaan PON ke-XX tahun 2020 di Papua. Dimana, Kabupaten/Kota Jayapura akan menjadi tuan rumah harus memberikan kesan kebersihan dan kenyamanan yang baik bagi puluhan ribu atlit dan masyarakat Indonesia yang akan datang ke daerah ini,” ujar Komandan Imam, di sela-sela kerja bakti pemebersihan sampah di jalan utama menuju Bandara Sentani,Kabupaten Jayapura, Rabu (7/11/2018) kemarin.

Menurut Imam, kebersihan dan  keindahan Kota Sentani dan sekitarnya adalah menjadi tanggungjawab bersama semua komponen masyarakat untuk menjaganya. Bukan hanya pemerintah. Tetapi, semua pihak termasuk pihak LMR-RI.

Sebab itu, LMR-RI Komando Wilayah Papua sebagai lembaga yang lahir dari rakyat, tumbuh bersama rakyat dan berkarya bagi rakyat berkomitmen untuk menjaga kebersihan dan keindahan Kota Sentani dan sekitarnya, terutama dalam ajang PON XX tahun 2020 mendatang.

“Kami siap bekerjasama dengan panitia PON XX tahun 2020 untuk mengerjakan apa yang bisa di kerjakan oleh kami yakni, keterkaitan dengan persiapan dan pelaksanaan PON XX tahun 2020,” tegasnya.

Selain itu, Imam menambahkan, pembersihan yang dilakukan oleh LMR-RI Komando Wilayah Papua bukan saja di sepanjang jalan protokoler. Tetapi, juga pembersihan dapat di lakukan di sejumlah tempat wisata dan venue-venue yang di bangun dalam rangka iven PON XX tahun 2020 nanti.

Untuk itu, Imam mengajak kepada semua masyarakat di Kabupaten/Kota Jayapura, untuk ikut bertanggungjawab menjaga kebersihan kota dengan menumbuhkan kesadaran membuang sampah pada tempatnya. Serta upaya-upaya lain yang bisa dilakukan oleh warga guna menjaga kebersihan.

“Jangan karena kurangnya kesadaran masyarakat yang membuang sampah dengan sembarangan tersebut, dapat menjadi bahan untuk menyerang pemerintah. Sebab, dalam banyak kasus, sampah itu menjadi masalah akibat rendahnya kesadaran warga membuang sampah pada tempatnya tetapi kemudian dampak buruk yang timbul dari sampah itu di gunakan warga dan pemerhati lingkungan menyalahkan pemerintah,” paparnya.

Karena itu, pihaknya mengajak kepada semua pihak untuk tidak menyalahkan pemerintah saja tetapi terutama menumbuhkan kesadaran warga untuk membuang sampah pada tenpatnya dan menghindari diri dari perilaku hidup yang berpotensi menimbulkan masalah sampah. (Irfan / Koran Harian Pagi Papua)