Bangun Papua Butuh SDM Aparatur Handal Berjiwa Melayani dan Inovasi Baru

0
727
Suasana pembukaan Semiloka tentang Inovasi dan Kepemimpinan serta Pengembangan Kompetensi ASN Untuk Pembangunan Papua, di Jayapura, oleh Kepala LAN RI, Adi Suryanto, Asisten Bidang Umum Setda Papua, Elysa Auri, Kepala Badan Pengembangan SDM Papua, Zakarias Giay, di Jayapura, kemarin. (ISTIEWA)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  – Pemerintah Provinsi Papua menyadari untuk membangun Bumi Cenderawasih yang luas serta penuh tantangan dari sisi geografis, politis, ekonomi dan sosial budaya, diperlukan sumber daya manusia (SDM) berkompeten serta berjiwa melayani dengan inovasi baru.

Dalam artian, Papua butuh SDM aparatur handal dan mampu mengatasi kesulitan sekaligus memecahkan persoalan yang dialami masyarakat. Baik untuk masalah kemiskinan, kebodohan dan ketertinggalan dalam semua aspek secara nasional maupun global.

Dilain pihak, perlu adanya pembangunan manusia yang inovatif dan berdaya saing. “Sebab hal ini berlaku juga bagi kepemimpinan dan pengembangan kompetensi aparatur sipil negara selaku pelaksana pembangunan,” terang Asisten Bidang Umum Setda Papua, Elysa Auri, pada Semiloka tentang Inovasi dan Kepemimpinan serta Pengembangan Kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN) Untuk Pembangunan Papua, Senin (5/11), di Jayapura.

Ia mengingatkan, birokrasi di Papua harus bekerja dengan cara-cara inovasi dan meninggalkan cara-cara kerja lama.

“Kita harus mulai meninggalkan budaya kerja yang hanya melaksanakan tugas atau pekerjaan bila disuruh pimpinan. Atau melaksanakan tugas tanpa terobosan dan pikiran baru kreatif dalam menunjang tugas,” imbaunya.

Masih dikatakan Elysa, perubahan mental birokrasi ini harus dilakukan dengan proses pembelajaran dalam diklat-diklat kepemimpinan pola baru maupun pengembangan kompetensi ASN yang bermuatan inovasi perubahan pola pikir saat melaksanakan tugas serta fungsinya.

Hal demikian diperlukan agar kinerja ASN di Papua, mampu mewujudkan visi dan misi pembangunan di Papua, terutama meningkatkan kesejahteraan masyarakat. “Untuk itu, saya berharap semua yang kita cita-citakan dan harapkan bisa tercapai melalui berbagai kegiatan yang digelar, salah satunya dari kegiatan semiloka ini,” harap dia.

Sementara itu,  Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI,  Adi Suryanto berharap melalui kegiatan semiloka tersebut, dapat mendorong pengembangan kompetensi ASN, sebagai salah satu titik tolak meningkatkan daya saing bangsa.

“Sebab peran ASN sebagai perencana, pelaksana dan pengawas penyelenggaraan tugas umum pemerintahan maupun pembangunan, perlu dikuatkan. Sehingga mampu menjadi pilar utama dalam mewujudkan tujuan nasional, yakni menuju manusia Indonesia unggul, mandiri dan sejahtera,” pungkasnya.

Sekedar diketahui, kegiatan semiloka tersebut turut dihadiri pihak universitas dan mahasiswa dari berbagai negara, diantaranya Australia, Swiss serta Tiongkok. (Koran Harian Pagi Papua)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here