BPK RI wilayah Papua Gelar Media Workshop Dengan Insan Pers

0
368
BPK bersama para jurnalis saat menggelar kegiatan. (Ardiles / LintasPapua.com)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) –  Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia perwakilan Provinsi Papua melibatkan Insan Pers dalam menggelar Media Workshop untuk membangun hubungan yang terbuka.

Keikutsertaan para Insan Pers dalam Media Workshop ini, guna mendorong terwujudnya tata kelola keuangan negara yang akuntabel dam transparan.

Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) sangat membutuhkan keterlibatan segenap pemangku kepentingan termasuk kalangan media massa. Di sisi laim BPK juga menempatkan media sebagai mitra oleh karena itu di laksanakanlah kegiatan Workshop ini yang bertempat di cafe Black On Box (BOB), Jumat,  2 November 2018.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala perwakilan BPK Provinsi Papua Ir. Adi Sudibyo, MM yang bertemakan peran dan fungsi BPK RI dalam pemeriksaan keuangan Negara.

Kepala BPK Perwakilan Papua,  Ir. Adi Sudibyo mengatakan,  bahwa BPK perwakilan Provinsi Papua mempunyai tugas melakukan pemeriksaan keuangan baik yang dianggarkan dalam APBD kota maupun BUMD melalui dana masyarakat.

“Kinerja dilakukan untuk membantu Pemerintah Daerah (Pemda) dalam mengelola kegiatan agar dapat dilaksanakan,” imbuhnya.

Tujuan dari pemerikasaan keuangan Negara ini jika sudah berada pada tahap penyidikan, BPK akan melakukan pemeriksaan investigasi.

“Perlindungan kerugian negara di lakukan oleh BPK serta instansi yang berwenang, jika di temukan ada dan tidaknya kerugian negara adalah BPK,” ujarnya.

Dirinya menambahkan menyangkut soal ada dan tidaknya pidana, dapat di buktikan melalui aparat penegak hukum yang bertugas melakukan penyelidikan maupun penyidikan.

“BPK hanya bertugas mengetahui ada dan tidaknya kerugian negara ,” tutupnya.(Ardiles/lintaspapua.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here