SENTANI (LINTAS  PAPUA) – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Jayapura sudah mematangkan 80 persen rencana persiapan Festival Bahari Tanah Merah (FBTM) Ke-IV Tahun 2018 yang akan digelar pada 19-21 November 2018 mendatang.

 

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Jayapura, Benyamin Yarisetouw menjelaskan, untuk persiapan pelaksaaan Festival Bahari Tanah Merah (FBM) ke-IV Tahun 2018 ini sudah mencpaai 80 persen. Diantaranya persiapan tempat digelarnya puncak acara yang mengambil kokasi di Kampung Tablanusu, Distrik Depapre, Kabupaten Jayapura.

FESTIVAL TELUK TANAH MERAH (Foto Edwin Yepese Facebook)

Kemudian untuk acara-acara lomba dan persiapan menyambut sejumlah duta besar dari negara luar yang direncanakan akan hadir menyaksikan gelaran Festival Bahari Tanah Merah (FBTM) ke-IV tahun 2018.

 

“Hingga saat ini, kami sudah mematangkan persiapannya 80 persen. Bahkan dari pihak panitia lomba juga sudah berkoordinasi dengan kami (Disbudpar, red) da menyatakan kesiapannya,” ungkap pria yang akrab disapa Benny ketika dihubungi via telepon seluler, Selasa (30/10/2018) sore.

 

Lanjut Benny, iven Festival Bahari Tanah Merah yang tadinya bernama Festival Bahari Teluk Tanah Merah ini rutin digelar setiap tahun oleh Pemkab Jayapura yang tujuannya sebagai promosi wisata. Dengan harapan jumlah kunjungan wisatawan ke Kabupaten Jayapura akan jauh lebih meningkat lagi.

“Sebagai selaku penyelenggara, Disbudpar berharap dengan digelarnya kegiatan Festival Bahari Tanah Merah ini, bisa menjual produk pariwisata dan juga peninggalan perang dunia kedua merupakan situs sejarah yang ada di Tanah Merah,” kata pria mantan atlit Tinju Papua ini.

 

Melalui kegiatan Festival Bahari Tanah Merah Ke-IV Tahun 2018 ini, ditambahkan dia bisa berjalan dengan sukses dan lancar.

“Atas suksesnya acara yang akan berlangsung nantinya, kami memohon kepada semua lapisa masyarakat Kabupaten Jayapura untuk bisa sama-sama mendukung kegiatan Festival Bahari Tanah Merah ini,” tukasnya.

Jalan Raya Sentani – Depapre, pada sebagian wilayah masih rusak parah dan berbahaya dari longsor, sehingga butuh perhatian serius pemerintah. (Eveerth Joumilena / LintasPapua.com)

Berdasarkan informasi yang diperoleh pada pertemuan yang membahas pelakanaan Festival Bahari Tanah Merah ke-IV Tahun 2018 ini dipimpin langsung oleh Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, S.E., M.Si, juga dihadiri Sekda Kabupaten Jayapura Drs. Yerry F. Dien, M.Si, Kepala Bappeda Kabupaten Jayapura Dra. Hanna Hikoyabi serta Kepala OPD di lingkup Pemkab Jayapura.

 

Untuk diketahui Festival Bahari Tanah Merah ini akan diawali pra festival selama dua hari dengan menampilkan berbagai perlombaan seperti lomba mancing, lomba foto bawah laut dan lomba perahu hias. (Irfan / Koran Harian Pagi Papua)