Kitorang Su Bisa Terbang Dengan Pesawat ke PNG, Dishub Papua Siap Percepat Hal Tersebut ke Madang PNG

0
1859
Tampak Kesibukan Penerbangan di Bandara Sentani (Foto Facebook Hairil)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  – Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Papua menyatakan siap mendorong pembukaan jalur penerbangan dari Jayapura ke Madang, Papua Nugini (PNG).

Hal demikian, sebagai upaya menindaklanjuti penandatangan kerja sama di bidang ekonomi dan lainnya, antara Gubernur Papua Lukas enembe dan Gubernur Madang Peter Yama, baru-baru ini.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Papua, Reky D. Ambrauw, di Jayapura, Rabu (24/10/2018). (Berti Pahabol / LintasPapua.com)

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Papua, Reky D. Ambrauw, di Jayapura, kemarin.

Menurutnya, pembukaan jalur penerbangan Jayapura – PNG sebenarnya sudah dijajaki olehnya sejak beberapa waktu lalu. Dimana pihaknya sudah beberapa kali melakukan pertemuan dengan pemerintah PNG guna membahas  penyiapan pembukaan jalur pelayaran  diantaranya Jayapura – Madang

“Sudah ada rapat antara Dinas Perhubungan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Pengelola Perbatasan dan Kerjasama Luar Negeri Provinsi Papua, PT. Pelindo IV Jayapura,  Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadi Satu Pintu (PTSP)  Provinsi Papua dan lainnya membicarakan pembukaan jalur ke PNG,” tuturnya.

“Dari hasil pertemuan itu, semua instansi terkait mendukung, antara lain aturan-aturannya. Kini tinggal bagaimana dari pihak pengusaha atau dari perusahaan di Provinsi Madang yang menindaklanjuti membuka agen di Jayapura, untuk mewujudkan rencana ini,” harapnya.

Sebelumnya, Gubernur Papua,  Lukas Enembe, S.IP, MH., mendorong manajemen Lion Air Group untuk membuka rute penerbangan dari Jayapura ke negara pacific, termasuk PNG.

Hal demikkian, berkenaan dengan potensi bisnis yang dinilai bakal menguntungkan semua pihak dari segi ekonomi.

“Sebab peluang bisnis Indonesia ke negara-negara pasifik saat ini, lebih khusus di PNG saya nilai cukup besar dengan membuka rute baru penerbangan kesana”.

“Apalagi sejumlah Gubernur di PNG, seperti Gubernur Port Moresby, Gubernur Morobe, Gubernur Madang, Wali Kota Wiwek, ternyata sangat mendukung adanya rute penerbangan dari Indonesia khususnya Papua ke wilayah mereka, “ ujar Lukas. (Koran Harian Pagi Papua)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here