Bank Indonesia Perwakilan Papua Gelontorkan Rp 2,5 Miliar di Mappi

0
695

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  –  Dalam rangka menjaga tingkat kelayakan uang yang beredar di masyarakat, Kantor Perwakilan Bank Indonesia –  Provinsi Papua telah mendistribusikan Uang Pecahan Kecil (UPK) mulai dari pecahan Rp1.000 s.d Rp20.000 sebesar Rp2.520.000.000 (dua milyar lima ratus dua puluh juta rupiah) di Kabupaten Mappi.

 

Kabupaten Mappi tidak bisa diakses dari Jayapura melalui jalan darat,  wilayah selatan Papua ini,  harus menggunakan pesawat menuju Merauke selama 1 jam.

Dari Merauke kemudian perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan pesawat baling-baling jenis Twin Otter  yang merupakan pesawat berukuran kecil mempertimbangkan bandara di Kabupaten Mappi yang juga tergolong kecil, dengan waktu tempuh 1 jam dan cuaca yang tidak menentu.

Namun, hal tersebut tidak mematahkan semangat KPw BI Provinsi Papua untuk menegakkan kedaulatan negara melalui peredaran Rupiah sampai ke pelosok Negeri.

Menurut Manajer di Fungsi Analisis Sistem Pembayaran – KPw BI Provinsi Papua, Gariska mengatakan, bahwa melalui program BI Jangkau, KPw BI Provinsi Papua berkomitmen memperlancar jalur distribusi.

“Guna percepatan penarikan Uang Tidak Layak Edar (UTLE) dan sekaligus memenuhi kebutuhan masyarakat akan Rupiah sampai ke tingkat kecamatan/pedesaan dalam jumlah nominal yang cukup, pecahan yang sesuai, tepat waktu, dan dalam kondisi yang layak edar,” ujar Gariska.

 

Sementara itu Penyelia Perkasan KPw BI Provinsi Papua, Nurkolis menuturkan, bahwa secara geografis letak Pulau Papua berbatasan dengan Negara Papua Nugini, sehingga menjaga tingkat kelayakan uang yang beredar di Pulau Papua sangatlah penting.

“Guna menjaga citra Negara dan sekaligus menjadikan Rupiah sebagai alat pembayaran yang berkualitas, terpercaya, dan diterima di masyarakat,” tandasnya. (Fransisca / Humas BI Perwakilan Papua)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here