Pemprov Papua Pastikan APBD 2019 Dirampungkan Desember Mendatang

0
662
Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Setda Papua, Noak Kapisa. (ISTIMEWA)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  – Pemerintah Provinsi Papua memastikan pengesahan APBD 2019, bakal dirampungkan pada Desember mendatang. Hal itu, disampaikan Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Papua Noak Kapisa, di Jayapura, pekan kemarin.

Menurut dia, saat ini pemerintah provinsi melalui Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Papua tengah mempersiapkan berkas-berkas pendukung untuk disampaikan ke Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP).

Diharapkan,  dalam beberapa pekan berjalan kedepan, sidang pembahasan bersama pihak DPRP dapat segera berjalan. Sehingga pengesahan APBD 2019 bisa selesai tepat waktu, sementara pelaksanaan kegiatannya oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), bisa dimulai pada awal tahun depan (Januari,red).

“Yang pasti, untuk pembahasan APBD 2019 kita akan pacu untuk bisa dimulai pada Oktober ini. Sebab sesuai agenda bahwa APBD 2019 ini harus selesai pada Desember mendatang,” terang dia.

Menurut dia, program kerja prioritas dalam APBD 2019 bakal lebih mengarah pada kegiatan suksesi Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2020. Dimana prioritas pekerjaan tak hanya terbatas pada kegiatan fisik yang menunjang pembangunan venus PON.

Akan tetapi, baik kegiatan membidangi perekonomian maupun sosial lainnya, wajib mendukung PON. “Sebab ini juga sudah menjadi instruksi dari kepala daerah agar semua OPD bicara dan mengerjakan PON. Karena lagi-lagi ini menyangkut harkat dan martabat masyarakat Papua”.

“Sehingga mau tak mau kita arahkan seluruh OPD dukung PON. Supaya saat pelaksanaannya nanti di 2020, bisa berjalan sebagaimana mestinya,” tutur dia.

Disinggung mengenai APBD Perubahan 2018 yang sementara ini dievaluasi Kementerian Dalam Negeri, Noak optimis tak bakal terjadi banyak di Jakarta. Sebab evaluasi yang dilakukan bertujuan untuk mengoptimalkan penggunaan anggaran APBD Perubahan 2018 Papua.

“Sehingga harapan pemerintah pusat pastinya supaya kegiatan tersebut bisa berdampak pada seluruh masyarakat diatas tanah ini,” harapnya. (Koran Harian Pagi Papua)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here