Gubernur Lukas Enembe : Buah Merah Jadi Merek Minuman PON XX 2020

0
907
Hasil olahan buah merah yang kini dijadikan bahan makanan. (ISTIMEWA)

JAYAPURA (LINTAS  PAPUA)  –  Pemerintah Provinsi Papua secara resmi telah mendaftarkan buah merah sebagai salah satu merek minuman resmi dalam pagelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2020, di bumi cenderawasih.

Menurut Gubernur Papua,  Lukas Enembe, S.IP, hal demikian dikarenakan potensi buah merah yang saat ini banyak diburu oleh masyarakat luar Papua. Dimana buah merah kini telah mulai diproduksi menjadi minuman berenergi, minyak, bahan makanan, permen, jus, sabun kesehatan dan lainnya.

: Gubernur Papua, Lukas Enembe, S.IP, MH., saat diwawancara. (ISTIMEWA /HPP)

”Yang pasti nomor satu adalah buah merah harus menjadi minuman resmi pada ajang PON XX Tahun 2020”.

“Sebab kita bahkan sudah produksi banyak untuk PON XX nanti. Sudah ada pabriknya, bahkan hasil panen masyarakat semuanya langsung masuk ke pabrik buah merah dibawah binaan kami,”  ujar Lukas Enembe,  di Jayapura, kemarin.

Lukas juga mengharapkan,  instansi terkait terus menggenjot pengembangan buah merah, agar dapat dijual kepada masyarakat baik di dalam maupun luar negeri.

Dengan begitu, dia berharap pangan lokal itu menjadi lebih poluler diatas tanah ini. Sementara harapan lainnya, agar petani lokal pun bisa ikut terangkat kehidupannya serta ekonomi keluarga tercukupi.

“Makanya kepada seluruh instansi pemerintah daerah maupun BUMN yang ada diatas tanah ini agar bisa lebih percaya dan mengkonsumsi pangan lokal termasuk buah merah yang menurut penelitian kaya akan vitamin,” tuturnya..

Diketahui, buah merah  saat ini mulai diproduksi menjadi jus, sabun, permen, minuman Wine (merah dan putih) dan lainnya.

PB PON XX 2020, Mengeluarkan SURAT KEPUTUSAN Pembanguna STADION UTAMA KAMPUNG HARAPAN, tahap berikut PB PON XX 2020 menetapkan MASKOT LOGO JINGGEL, setelah itu Pembentukan SUB PB PON XX 2020, di 6 wilayah Pelaksanaan PON XX 2020, Semua itu harus di legalitas kan demi kelancaran persiapannya, PAPUA BISA, PAPUA SIAP, PAPUA JUARA. (Sumber Gustaf Pui, Petinggi PB PON XX 2020)

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Papua, Semuel Siriwa, beberapa waktu lalu mengungkap telah mampu mengembangkan buah merah yang kini sudah mencapai 564 hektar.

Meski demikian, dirinya mengaku masih akan terus menggenjot  pengembangan komoditas buah merah, yang kini tengah dibudidayakan pada 11 kabupaten dan kota. (Koran Harian Pagi Papua)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here