JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  – Pemerintah Provinsi menggelar Upacara Peringatan Hari Agraria dan Tata ruang Nasional Tahun 2018.

“Tentunya hal ini yang mengandung makna Tanah dan ruang sebagai satu kesatuan utuh dapat memberikan keadilan dan kemakmuran dalam penggunaan pemanfaatan pemilikan untuk seluruh masyarakat,” ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Papua,  Tea Herry Dosinaen, selaku Perwakilan Gubernur Papua dalam sambutannya,  pada Upacara Gabungan dikantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Papua, Senin 24/09/2018.

 

Tea Herry Dosinaen mengatakan,  bahwa dalam upaya meningkatkan kualitas rencana tataruang di Indonesia kementerian Agraria dan Tata ruang Badan Pertanahan Nasional, sedang melunjarkan sistem informasi geografis Tata Ruang yang memungkinkan setiap orang dapat mengakses Rencana Tata Ruang yang berlaku secara Nasional maupun yang berlaku disetiap daerah masing-masing

 

“Dengan terbukanya akses terhadap  Dokumen Rencana Tata Ruang diharapkan kesadaran masyarakat akan meningkat dan selanjutnya masyarakat berperan Aktif dalam proses penyusunan Tata Ruang dan pengawasan Implemendasinya, ” katanya.

 

“Berkenan dengan legalisasi Aset melalui Pendaftaran Tanah  Sistimatis Lengkap ( PTSL ) yang jumblah bidang Tanah seluruh Indonesia, Kurang lebih 126Juta Bidang Tanah, diharapkan ditahun 2025 seluruh Bidang Tanah telah terdaftar ” Tegas Herry Dosinaen.

 

” Melaksanakan percepatan Pendaftaran Tanah Sistimatis Lengkap ( PTSL ) tersebut diperlukan Optimalisasi Penggunaan Teknologi Terkini sejalan dengan Modernisasi Pelayanan di Kementerian Agraria dan Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional Kementerian ATR/BPN, ” tuturnya.

 

Pembangunan Infrakstruktur adalah Prasarat untuk meningkatkan Produktifitas mendaya saing Nasional serta berkembangnya Investasi.

 

” Salah satu kegiatan penting terkait dengan pembangunan Infrakstruktur tersebut Adalah pelaksanaan Pengadaan Tanah ” Ungkapnya.

 

“Undang-undang Peraturan yang ada telah memungkinkan pengadaan Tanah yang cepat dan pasti untuk masyarakat di Papua, ” tambahnya. (Berti Pahabol / LintasPapua.com)