Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Gelar Pelatihan Aplikasi Inlis Lite

0
690
Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Jayapura, Tedd   Jones Mokay,  (Foto Pribadi)

SENTANI (LINTAS  PAPUA)  –  Guna meningkatkan sumber daya manusia (SDM) bagi aparat sipil negara (ASN) di Kabupaten Jayapura merupakan hal yang sangat penting demi mewujudkan aparatur yang berkualitas. Kondisi itu akan berdampak pada penyelenggaraan pemerintahan yang efektif dan efisien.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Jayapura, Tedd   Jones Mokay,  kepada wartawa harian ini usai pembukaan pelatihan aplikasi Inlis Lite yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupten Jayapura, di Gedung D Lantai II Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Kabupaten Jayapura, belum lama ini yang diikuti oleh seluruh ASN dan tenaga honorer atau kontrak di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan.

Tedd J. Mokay menekankan,  kepada peserta pelatihan untuk dapat mengikuti pelatihan dengan baik, sehingga manfaatnya nanti bisa diterapkan dalam kegitan dan program-program pemerintah daerah.

Pelatihan yang diselenggarakan diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat secara menyeluruh.

Karena Dinas Perpustakaan dan Arsip merupakan urusan wajib dan harus memberikan pelayanan informasi berbasis teknologi dan informasi yang dapat memenuhi kebutuhan informasi bagi pengunjung dan peminat baca di Kabupaten Jayapura.

“ASN harus memiliki pemahaman kerja dibidangnya masing-masing, menjalin kerjasama dan pembinaan pada perpustakaan sekolah di Kabupaten Jayapura agar pelayanan perpustakaan yang selama ini dilakukan secara manual dapat dirubah menjadi pelayanan berbasis teknologi dan informasi,” ungkap pria yang pernah menjabat sebagai Kepala Dinas PU Kabupaten Jayapura itu saat dikonfirmasi wartawan harian ini, Jumat (17/8/2018) pekan lalu.

Dia mengajak,  kepada peserta untuk menjadikan pelatihan tersebut, sebagai wahana untuk berdiskusi dan menggali ilmu pengetahuan dari narasumber. Yang kemudian diharapkan semua manfaat dari pelayanan perpustakaan yang berbasis teknologi informasi dapat dirasakan oleh masyarakat Kabupaten Jayapura.

Lebih lanjut Tedd Mokay menyampaikan,  bahwa pelaksanaan pelatihan diselenggarakan dengan tujuan pelatihan dapat menciptakan SDM yang mampu secara teknis dan profesional dalam mengelola perpustakaan secara otomatis dengan menggunakan program aplikasi Inlis Lite.

“Selama dua hari itu kami adakan pelatihan khusus untuk pengelola perpustakaan guna penerapan sistem aplikasi Inlis Lite. Program Inlis Lite di Pemerintah Provinsi Papua itu sudah ada, sedangkan untuk kabupaten/kota di Provinsi Papua yang pertama kali melakukan penerapan aplikasi Inlis Lite itu baru Kabupaten Jayapura. Pelatihan itu kita lakukan terbatas hanya untuk staff di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Jayapura, jelasnya.

Kegiatan ini agar Dinas Peprustakaan dan Kerasipan mencapai perpustakaan berbasis teknologi dan informasi, untuk memberikan pelayanan kebutuhan informasi bagi pengunjung perpustakaan di Kabupaten Jayapura. (Irfan / Koran Harian Pagi Papua)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here