JAYAPURA (LINTAS  PAPUA) –  Untuk mencapai kehidupan berkeluarga yang berbahagia, ada delapan fungsi yang perlu dilaksanakan. Yakni agama, cinta, kasih, perlindungan, pendidikan, ekonomi, reproduksi dan sosialisasi budaya.

Delapan fungsi ini apabila dijalankan, diharapkan kedepan bakal melahirkan keluarga yang berkualitas serta generasi yang lebih baik dan beradab.

Demikian disampaikan Gubernur dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Annie Rumbiak, pada peringatan Hari Keluarga Nasional ke-25 di lapangan Otonom Kotaraja, Jayapura, Jumat (10/8) pagi.

Sementara tema nasional peringatan hari keluarga, yakni “Hari Keluarga, Hari Kita Semua” dengan slogan “Cinta Keluarga, Cinta Terencana”. Melalui tema dan slogan ini, diharapkan kita semua terpacu untuk terus meningkatkan ketahanan dan kesejahteraan keluarganya.

Para bupati dan walikota beserta jajaran dibawahnya juga diminta agar memberikan perhatian serius untuk berupaya meningkatkan kualitas generasi dan keluarga yang ada di bumi cenderawasih.

“Sebab hal ini sangat penting, makanya saya minta seluruh petugas lapangan keluarga berencana untuk dapat lebih giat memberikan motivasi dan menggerakkan masyarakat  aktif dalam setiap program kependudukan, keluaraga berencana dan pembangunan keluarga,”harapnya.

Deputi Bidang KB-KR BKKBN RI, Dwi Liastiawardani mengataan BKKBN saat ini sedang menggalakkan program “Generasi Berencana atau Genre” yang dioperasionalkan melalui kegiatan remaja di sekolah dan kampus kampus.

Dia berharap program ini mampu menunjang komitmen semua pihak untuk menciptakan keluarga yang bahagia diatas negeri ini.

Sementara disela-sela kegiatan itu, BKKBN menyerahkan bantuan sembako bagi 20 kepala keluarga dari Kabupaten dan Kota Jayapura, serta Kabupaten Keerom. (Erwin / Koran Harian Pagi Papua)