JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Wali Kota Jayapura, DR. Benhur Tomi Mano, MM.,  berharap agar dalam persiapan akreditasi puskesmas tahun 2018, semua 13 puskesmas diwilayah Kota Jayapura bisa terakreditasi bahkan dari bintang tiga, bisa naik menjadi bintang lima.

“Saya minta secara perorangan dan internal di Puskesmas harus siap. Pengawasan internal harus dilakukan dengan baik di tiap-tiap Puskesmas. Maka para Kepala Puskesmas dan stafnya harus menyiapkan tahapan dan langkah-langkah dalam penilaian akreditasi, khususnya di enam puskesmas yang telah disiapkan,” ucap BTM, sapaan akrabnya, saat membuka resmi Workshop audit internal dan manajemen peningkatan mutu dalam persiapan akreditasi Puskesmas Tahun 2018, bertempat di Balai Pelatihan Kesehatan Padang Bulan Kelurahan Hedam, Rabu (15/8).

Lanjutnya, dengan ketersediaan dana yang disiapkan sebesar Rp. 2,4 milyar untuk enam Puskesmas akreditasi, diharapkannya dapat difungsikan dengan baik.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Jayapura, dr. Ni Nyoman Sri Antari mengaku optimis agar 13 Puskesmas dapat meraih bintang lima, dalam rangka melayani masyarakat Kota Jayapura.

“Petugas Puskesmas harus memiliki semangat bekerja yang tinggi dan harus bisa memberikan pelayanan yang benar-benar dirindukan oleh masyarakat,” harap wanita asal Bali itu.

Dia mengatakan workshop tersebut yang dilaksanakan pada 15-18 Agustus 2018, bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada tim audit internal di Puskesmas dan juga manajerial di Puskesmas dalam rangka mendukung akreditasi puskemas, serta memberikan gambaran yang jelas dan lengkap tentang mutu pelayanan demi peningkatan mutu layanan di fasilitas tingkat pertama yaitu Puskesmas.

Adapun peserta workshop terdiri dari 13 Puskesmas. Dan Puskesmas yang akan maju akreditasi yaitu Puskesmas Tanjung Ria, Puskesmas Hamadi, Puskesmas Twano, Puskesmas Abepura, Puskesmas Abepantai, dan Puskesmas Koya Barat masing-masing mengirimkan wakilnya  enam orang, Puskesmas Kotaraja dan Puskesmas Waena masing-masing empat orang, sedangkan Puskesmas Jayapura Utara, Imbi, Eli Uyo, Yoka dan Skouw yang rencana akan maju akreditasi tahun 2019, masing-masing mengirimkan wakilnya sebanyak satu orang.

Dan diikuti juga oleh pendamping akreditasi Kota Jayapura sebanyak tujuh orang, para Kepala Bidang dan Kepala Seksi di Dinas Kesehatan Kota Jayapura.

Narasumber berasal dari Ketua komisi akreditasi pusat beserta tim dari Kementerian Kesehatan, dan dari Pemerintah Provinsi Papua dan dari Kabupaten Jayapura. (Elsye Sanyi / Koran Harian Pagi Papua)