Dinilai Caplok Wilayah Boven Digoel, Gubernur Segera Panggil Bupati Pegubin

0
269
Sejumlah Kepala Kampung persiapan yang telah dilantik oleh Bupati Pegubin saat bertemu Gubernur Papua dan Bupati Boven Digoel, pekan lalu. Mereka secara resmi meminta untuk disahkan daerahnya dan terlepas dari Kabupaten Boven Digoel, untuk selanjutnya bergabung dengan Pegubin. (Erwin/ HPP)

JAYAPURA (LINTAS  PAPUA)  –  Bupati Pegunungan Bintang (Pegubin) baru-baru ini dilaporkan melakukan pelantikan sejumlah kampung persiapan di wilayah Korowai yang secara administratif masuk sebagai Kabupaten Boven Digoel.

Atas laporan itu, Penjabat Gubernur Papua, Soedarmo dalam waktu dekat segera memanggil Bupati Pegubin untuk menuntaskan persoalan itu.

“Saya juga memang sudah perintahkan Asisten Bidang Pemerintahan untuk segera selesaikan persoalan ini. Nanti kita tunggu saja, sebab kalau tidak salah kemarin sudah ada pertemuan antara Pemprov dan Pemkab Pegubin, tinggal kita tindaklanjuti dan duduk bersama semua pihak untuk secara cermat menyelesaikan situasi itu,” terang Gubernur Soedarmo di Jayapura, kemarin.

Menurut Soedarmo, mestinya Bupati Pegubin lebih bersikap bijaksana dan membangun koordinasi yang aktif dengan Pemda Boven Digoel, sebelum melakukan pelantikan kepala kampung yang tak masuk wilayah administratifnya.

Dirinya pun berharap kejadian serupa tak dilakukan bupati kabupaten lainnya yang berbatasan langsung dengan wilayah Korowai.

Secara terpisah, Anggota Komisi IV DPR Papua Boy Markus Dawir kepada wartawan menyesalkan keputusan Bupati Pegubin, yang dikhawatirkan berpotensi menimbulkan masalah baru di masa mendatang.

“Saya kira hal seperti ini mesti segera kita tertibkan sama-sama kedepan. Supaya apa, agar masing-masing daerah dengan batas wilayahnya dia kerja disitu untuk mensejahterakan rakyatnya”.

“Jangan justru dari kabupaten lain yang datang masuk dan mencaplok wilayah kabupaten lain. Ini yang tidak boleh. Sehingga saya kira masalah ini tak boleh dibiarkan berlarut-larut namun mesti segera dituntaskan,” katanya.

Gubernur Soedarmo menuturkan, bawha pihaknya dalam waktu dekat pula pihaknya akan mengundang Bupati Pegubin untuk meminta penjelasan mengenai pencaplokan wilayah yang dilakukannya. Pihaknya pun akan berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Papua, untuk menuntaskan persoalan tersebut.

Bupati Boven Digoel, Benediktus Tambonop mengharapkan pemerintah provinsi dapat turun tangan membantu mempercepat menyelesaikan masalah itu. (Win/ Koran Harian Pagi Papua)