MK Tolak Gugatan LMA Mamberamo Tengah,  Ham Pagawak Akui Putusan MK Kemenangan Rakyat Mamteng

0
306
calon tunggal Bupati Mamberamo Tengah, Ricky Ham Pagawak. (Eveerth Joumilena /HPP)
CALON TUNGGAL DI MAMBERAMO TENGAH. Ricky Ham Pagawak dan Yonas Kenelak didukung oleh tujuh parti politik yang memiliki kursi di DPRD setempat. Jadi, semua parpol yang punya kursi mendukungnya. (Foto Berius Kogoya)

JAKARTA (LINTAS PAPUA)  – Mahkamah Konstitusi akhirnya memutuskan menolak gugatan pemohon Simeon Wenda dari LMA Mamberamo Tengah bersama  Saul Mabel, Terpius Wenda, Onny B Pagawak, Itaman Thago dan kawan – kawan.

 

Hal itu terungkap dalam sidang dissmisal dengan nomor perkara No. 59/PHP.BUP-XVI/2018yang dipimpin majelis hakim Anwar Usman bersama delapan hakim lainnya di Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Jumat (10/8) kemarin.

Putusan Mahkamah Konstitusi itu pun memperkuat hasil pleno rekapitulasi penghitungan suara yang memenangkan pasangan calon tunggal bupati R, Ham Pagawak dan wakil bupati Yonas Kenelak dalam Pilkada Bupati Mamberamo Tengah tahunn 2018.

 

Berdasarkan UU No.1 tahun 2015, dalam amar putusan majelis hakim MK menyatakan menerima eksepsi termohon (KPU Mamberama Tengah) dan pihak terkait mengenai kedudukkan hukum para pemohon.

 

Kedua menyatakan para pemohon tidak memiliki kedudukan hukum dalam pokok permohonan. Dan menyatakan permohonan para pemohon tidak dapat diterima.

Ketua KPU Mamberamo Tengah, Steven Payokwa, saat memberikan keterangan. (ISTIMEWA)

Ketua KPU Kabupaten Mamberamo Tengah, Steven Payokwa, yang didampingi empat komisioner mengaku bersyukur dengan apa yang sudah diputuskan Mahkamah Konstitusi sehingga semua proses hukum menyangkut sengketa pilkada sudah selesai.

 

Untuk itu, pihaknya akan mempersiapkan diri dalam waktu dekat untuk melakukan sakah satu tahapan yakni pleno penetapan bupati dan wakil bupati terpilih.

 

“Setelah proses itu, kami akan serahkan SK ke pihak DPRD untuk menindaklanjutinya untuk mengusulkan kepada kemendagri terkait pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih,” ucapnya.

 

Dia menegaskan, dengan adanya putusan dari Mahkamah Konstitusi ini, maka masyarakat untuk diminta menerima hasil ini, sebab inilah upaya hukum terkahir.

 

“Kami menyampaikan terimah kasih bayak kepada seluruh masyarakat Kabupaten Mamberamo Tengah, karena tahapan demi tahapan, sudah lalui dengan aman dan kondusif sehingga perjalanan tahapan mulai dari pendaftaran hingga akhir putusan ini jalan sesuai dengan apa yang kami harapkan bersama dengan masyarakat berjalan dengan aman dan lancar,” imbunnya.

Majelis hakim Anwar Usman bersama sembilan hakim lainnya saat memimpin sidang PHP Pilkada Bupati Mamberamo Tengah di gedung Mahkamah Konstitusi, Jumat (10/8/2018). (ISTIMEWA/Reis Masela)

Penasehat hukum KPU Mamberama Tengah, Stevanus Budiman mengatakan putusan Mahkamah Konstitusi menjadi akhir dari perbedaan pendapat di Kabupaten Mamberamo Tengah.

 

“Dengan putusan ini, tidak boleh ada lagi isu-isu yang menyatakan begini atau begitu, tapi ini sudah final jadi mari kita sambut pemimpin Mamberamo Tengah yang baru untuk bekerja bagi rakyat lima tahun ke depan,” ucapnya.

Sementara Bupati Mamberamo Tengah terpilih, R. Ham Pagawak mengatakan putusan hakim Mahkamah Konstitusi ini adalah kemenangan bagi rakyat Mamberamo Tengah.

 

“Saya bersyukur dengan adanya putusan ini sebagai bupati terpilih dan juga Wakil kami menyatakan bahwa ini adalah kemenangan masyarajat Mamberamo Tengah sehingga ke depan dengan program-program yang belum kami selesaikan lima tahun yang lalu, akan diselesaikan lima tahun ke depan,” ujarnya.

 

Menurutnya, saat ini masyarakat sudah memberikan yang terbaik,maka mereka mau daerah mereka ini dibangun dengan baik,lewat pemimpin yang punya visi yang jelas dan hati untuk membangun masyarakat dan Kabupaten Mamberamo Tengah.

 

“Saat ini masyarakat du lima distrik dan 59 Kampung, menantikan pelantikan bupati, setelah itu bupati devenitif akan melaksanakan program-program jangka pendek,menengah,dan juga panjang sehingga betul betul masyarakat Kabupaten Mamberamo Tengah maju,mandiri dan juga sejahtera,” imbuhnya. (ej)