Mappi Dorong Pemprov Segera Buat Rencana Aksi Budidaya Sagu

0
800
Wakil Bupati Mappi Jaya Ibnu Suud. (Erwin / HPP)
Pj. Gubernur Papua Soedarmo ketika menanam bibit pohon Sagu. Insert: Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, S.E., M.Si, ketika menanam bibit pohon Sagu pada peringatan Hari Sagu II Tahun 2018 sebagai tanda pencanangan penanaman 1 Juta bibit Sagu, di Dusun Sagu Kampung Kwadeware, Distrik Waibhu, Kabupaten Jayapura, Kamis (21/6/2018). (Irfan /HPP)

JAYAPURA (LINTAS  PAPUA)  –  Pemerintah Kabupaten Mappi memberi dukungan penuh terhadap rencana Pemerintah Provinsi Papua untuk menerbitkan sebuah rencana aksi dalam pengembangan dan pembudidayaan sagu.

Kendati demikian, Wakil Bupati Mappi Jaya, Ibnu Suud meminta Penjabat Gubernur Papua Soedarmo untuk segera menerbitkan rencana aksi itu dalam waktu dekat. Sehingga upaya pengembangan dan pembudidayaan sagu bisa lebih terarah.

“Sebab dalam rencana aksi ini paling tidak tergambar apa saya yang nanti dikerjakan. Maksudnya disini, kita punya gambaran apa yang harus dilakukan. Kemudian mana yang menjadi kewenangan provinsi, pusat dan kami di kabupaten”.

“Misalnya kami di kabupaten mungkin menyiapkan dari sisi regulasi, lalu sarana dan prasarana, pendampingan serta pengembangan untuk dalam rangka mengembangkan budi daya sagu menjadi potensi atau sumber ekonomi masyarakat kampung,” terang dia di Jayapura, pekan lalu.

Wakil Bupati mengingatkan, meski budidaya sagu memiliki prospek yang cerah, namun perlu pula diinventarisir semua persoalan dan hambatan terkait yang berpotensi muncul dimasa mendatang. “Paling tidak mengkaji masalah mulai dari hulu sampai hilirnya. Sebab jangan sampai nantinya upaya pengembangan sagu ini bisa terhambat hal teknis lain,” terangnya

Dia tambahkan, pada prinsipnya Pemerinth Kabupaten Mappi sangat mendukung pengembangan budidaya sagu. Bahkan pada tahun depan, Pemkab Mappi akan menggelar kegiatan unggulan dengan nama program percontohan.

Sagu Kacang dan Teh atau Kopi menjadi sajian yang asyik saat bersantai dan berdiskusi, sambil nikmati Kopi Papua. (Eveerth Joumilena / HPP)

Dimana pemda setempat akan membuat kampung percontohan yang seluruh anggarannya bersumber dari dana Otsus. Diharapkan rencana aksi pengembangan sagu bisa segera rampung agar upaya pengembangan sagu dapat dimasukan kedalam program lima kampung percontohan itu.

Sebelumnya, Penjabat Gubernur Papua Soedarmo menginstruksikan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait, untuk segera menyusun rencana aksi pengelolaan sagu, yang dinilai mampu berperan meningkatkkan ekonomi daerah, memperbaiki taraf hidup masyarakat serta mewujudkan ketahanan pangan nasional.

Hutan Sagu Disekitaran Danau Sentani di Kampung Ayapo (Eveerth Joumilena /LintasPapua.com)

Ia menilai, prospek pengelolaan sagu amat sangat menjanjikan di masa mendatang. Apalagi komoditi itu memiliki keunggulan dibandingkan jagung, beras, ubi, kedelai dan lainnya.

Setelah menuntaskan rencana aksi, Gubernur juga menyebut bakal menindaklajutinya dengan menerbitkan sebuah instruksi atau peraturan daerah yang mendukung pengelolaan sagu secara massal di bumi cenderawasih. (Erwin / Koran Harian Pagi Papua)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here