Bupati Mathius Awoitauw Lantik 10 Kepala Kampung  WP III

0
661
Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, S.E., M.Si, saat menyematkan tanda pangkat dan jabatan pada pelantikan 10 kepala kampung, di Halaman Kantor Distrik Namblong, Sabtu (4/8/2018) pagi lalu. (Irfan / HPP)

Kepala Kampung Diharapkan  Kerja Secara Transparan

SENTANI (LINTAS PAPUA) – Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, S.E., M.Si, melantik 10 kepala kampung dari empat distrik yang ada di Wilayah Pembangunan (WP) III, yakni Distrik Namblong, Distrik Nimboran, Distrik Nimbokrang dan Distrik Kemtuk, yang berlangsung di Halaman Kantor Distrik Namblong.

Dalam pelantikan tersebut, Mathius Awoitauw mengajak para kepala kampung di Kabupaten Jayapura berpikir untuk memajukan kampung dan juga mensejahterakan masyarakat yang ada di kampung.

Bupati Mathius berpesan kepada kepala kampung yang baru saja dilantik dan diambil sumpah janji itu harus tetap menjaga dan memegang komitmennya kepada Tuhan.

“Kita yang berjanji pada hari ini (Sabtu, 4/8 lalu) itu sudah disaksikan oleh Tuhan dan seluruh masyarakat. Sehingga kita harus memegang komitmen tersebut, sekalipun dalam situasi apapun kita harus menjaganya, kata Mathius di depan 10 Kepala Kampung terpilih, di Halaman Kantor Distrik Namblong, Sabtu (4/8/2018) pagi lalu.

Dikatakan Mathius, kepala kampung saat ini harus tau bahwa msyarakat masih membutuhkan kemajuan-kemajuan dan juga perubahan-perubahan besar bagi kampungnya, sehingga masyarakat menyalurkan suara mereka untuk memilih bapak-bapak sekalian menjadi kepala kampung.

“Jadi, itu tanggungjawab kita untuk mensejahterakan masyarakat dan kita harus yakin, bahwa kalau apa yang kita jadikan di hadapan Tuhan dan terus bersama Tuhan, maka tidak ada yang mustahil untuk merubah kampung kita sendiri,” paparnya.

Seiring pengembangan kampung, Mathius juga berpesan kepada kepala kampung terpilih untuk selalu menghadirkan Tuhan dalam setiap tugas dan tanggungjawabnya, agar semua itu bisa berjalan dengan baik.

“Jadi, saya pesan kepala kampung jangan bekerja sendiri. Tapi, harus menghadirkan Tuhan dalam setiap pergumulan. Agar Tuhan melakukan perkara-perkara yang besar melalui kita sebagai kepala kampung,” pesan Mathius.

Selain itu, lanjut Mathius, kepala kampung juga harus tampil beda dalam setiap pekerjaannya.

Jadi, harus lupakan kesan-kesan yang ada di berbagai kampung, bahwa kepala kampung tidak transparan serta tidak terbuka dalam mengelola keuangan kampung. Maka itu, kita berharap kepala-kepala kampung ini benar-benar kerja secara terbuka dan terus bersama-sama dengan masyarakat. Jadi sekali lagi saya tegaskan, kepala kampung tidak boleh kerja sendiri, ujarnya dengan nada tegas.

Kampung harus berubah, karena itu tadi kita telah tanamkan agar tidak ada sesuatu yang sulit. Sebenarnya kita bisa cepat bangun kampung-kampung, kalau semuanya mau kerja secara terbuka, libatkan masyarakat maupun tokoh-tokoh masyarakat. Oleh karena itu, kepala kampung tidak boleh kerja sendiri-sendiri. Kampung tidak banyak berubah, padahal uang banyak ke kampung. Itu karena manajemen di kampung kurang terbuka, tukas Mathius Awoitauw.

Sementara itu, salah satu kepala kampung yang dilantik, Kepala Kampung Sanggai, Distrik Namblong, Demianus Youmilena menyatakan, bahwa dirinya akan segera berkoordinasi dengan seluruh masyarakat di kampungnya untuk bekerja secara bersama-sama dalam membangun kampung.

Menurut Demianus, apa yang disampaikan Bupati Jayapura dalam arahannya ini benar, karena banyak warga yang sering mengeluh kalau kepala kampung tidak pernah terbuka dalam mengelola keuangan kampung.

“Saya akan mengajak masyarakat untuk bekerja bersama-sama dalam membangun kampung. Saya juga akan transparan dalam setiap pengelolaan keuangan kampung di hadapan masyarakat,” jelas Kepala Kampung Sanggai,  Demianus Youmilena,  usai pelantikan kali ini.

Pelantikan kepala kampung terpilih 2018 ini diikuti oleh 10 kepala kampung, yang terdiri dari 4 kepala kampung yang ada di Distrik Namblong, 3 kepala kampung di Distrik Nimboran, 2 kepala kampung di Distrik Kemtuk dan 1 kepala kampung di Distrik Nimbokrang.

Sekedar diketahui, Demianus Youmilena sebagai Kepala Kampung Sanggai, Muryani sebagai Kepala Kampung Karya Bumi, Yulianus Yewi sebagai Kepala Kampung Sermai Bawah, Lambert Balli sebagai Kepala Kampung Besum, Yesaya Bano sebagai Kepala Kampung Benyom, Oskar Giay sebagai Kepala Kampung Imsar, Nataniel Waipon sebagai Kepala Kampung Singgriway, Ayub Wasanggai sebagai Kepala Kampung Mamda, Seblon Dwaa sebagai Kepala Kampung Nanbom dan Nurkholis sebagai Kepala Kampung Benyom Jaya II.

Pelantikan 10 kepala kampung ini juga dihadiri, Kepala Distrik Namblong Budi P. Yokhu, S.STP, Kepala Distrik Nimbokrang Nurdin, Kepala Distrik Kemtuk Soeko Moertiono, Kapolsek Nimboran Ipda Andi Basuki Rahchmat, S.H., sejumlah Kepala OPD di lingkup Pemkab Jayapura dan ratusan masyarakat kampung setempat. (Irfan / Koran Harian Pagi Papua)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here