Bupati Markum Resmi Buka FestivaL Budaya Keerom ke –  V 2018

0
703
Bupati Keerom melepas balon udara tandai pembukaan festival budaya keerom, kemarin. (Arif/HPP)
Bupati Keerom, Muh. Markum SH, MH, MM, saat melakukan diskusi dan Tanya jawab dengan masyarakat serta tokoh adat di Balai Kampung Woslay, Distrik Senggi, Jumat (25/5/2018). (Arif/HPP)

Budaya Lokal Sebagai penyangga Budaya Nasional’’

KEEROM (LINTAS PAPUA) – Bupati Keerom, Muh. Markum SH, MH, MM, mengemukakan di masa sekarang ini ada kecenderungan terjadinya pergeseran nilai-nilai budaya. Karena itu, menurutnya, semua pihak dituntut untuk terlibat dalam kelestarian nilai-nilai budaya bangsa melalui pelestarian budaya lokal.

‘’Yang termaksud tentunya nilai-nilai budaya lokal sebagai penyangga nilai-nilai budaya nasional,  oleh karena itu kami mengapresiasi kepada dinas pariwisata Kab. Keerom sebagai OPD baru bisa melaksanakna kegiatan fesvifal budaya sebagai upaya melestarikan nilai-nilai budaya keerom,’’ungkapnya saat menyampaikan pesan pada pembukaan Festival Budaya Keerom Tahun 2018 di Lapangan Swakarsa di Kampung Asyaman, Keerom, kemarin.

Ia menambahkan bahwa negara kesatuan Republik Indonesia merupakan negara yang memiliki berbagai macam kebudayaan dari sabang sampai merauke. Dan budaya-budaya tersebut merupakan peninggalan dari nenek moyang yang semestinya diturunkan kepada generasi penerus.

‘’Hal ini dimaksudkan agar budaya kita tidak pernah punah, akan tetapi, dalam kenyataannya banyak sekali generasi muda yang kurang peduli dengan budaya peninggalan nenek moyang tersebut, untuk itu perlu diadakannya festifal budaya Keerom  seperti saat ini,’’pungkasnya.

Pada kesempatan festival kali ini mengambil Tema ” Bangsa yang berbudaya adalah bangsa yang bermartabat dalam semangat Tamne Yisan Kefase.” Hadir pada kegoatan ini Kabid pemasaran Area IV Kementerian Pariwisata RI, Drs. Syukurni, SE, MM.

Ia pada kesempatan tersebut dating mewakili Menteri Pariwisata RI. Ia juga mengemukakan Kementerian Pariwisata mendukung kegiatan-kegiatan yang bertujuan meningkatkan atau memberikan nilai jual pariwisata termasuk budaya ke luar baik di Nusaantara maupun di mancanegara.

‘’Saya menyampaikan salam hormat dari bapak menteri kepada bapak bupati dan seluruh masyarakat yang memeriahkan festival budaya kab. Keerom yang ke 5 ini, semoga apa yang dicanangkan oleh Bapak Bupati Keerom dapat memberikan nilai jual ke nusantara maupun mancanegara,’’terangnya.

Animo masyarakat Keerom untuk menghadiri kegiatan pembukaan juga cukup baik. Selain itu para Forkompinda Keerom juga hadir, diantaranya Kapolres Keerom, AKBP Muji Windi Harto, Asisten I, II dan III Setda Keerom, jnuga dari unsur TNI ada Dansatgas 121 MK, Wadansatgas Yonif PR 501/BY, dan tamu undangan lainnya. (Arif / Koran Harian Pagi Papua)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here