Radio Masyarakat Papeda Inovasi Polri Terpilih, Top 99 Inovasi Publik 2018

0
436
Kapolda Papua dan Kapolres Jayapura serta Bupati Jayapura saat menandatangani poster inovasi Radio Masyarakat Papeda dalam Top 99 Inovasi Publik di Sentani, Senin (23/7/2018). (Paul)

Bupati Mathius Awoitauw Mengakui Radio Masyarakat  Papeda Sangat Membantu Pemkab Jayapura

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  – Kapolda Papua Irjen Pol Boy Rafli Amar, Bupati Jayapura,  Mathius Awoitouw, Kapolres Jayapura AKBP Victor D. Mackboan, Bhabinkamtibmas Bripka Engel Mayor dan perwakilan IOM Kabupaten Jayapura lakukan presentasi dan wawancara dalam rangka Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2018 yang dilaksanakan di Kementrian Pedayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Pusat, Senin (23/7/2018) sektar pukul 15.00 WIT.

Radio Masyarakat (RM)Papeda merupakan satu-satunya perwakilan dari Polda Papua khususnya Polres Jayapura yang terpilih menjadi top 99 inovasi pelayanan publik 2018. RM Papeda menjadi penutup presentasi dan wawancara di depan 8 juri independen yang terdiri dari Suryo Pratomo, Wawan Sobari, Prof. DR. Eko Prasojo, Prof. DR. R. Siti Zuhro, J. Kristiadi, Tulus Abadi, Nurjaman Muchtar dan Indah Sukmaningaih.

Kapolda Papua, Irjen Pol Boy Rafli Amar, Rabu (16/5). (Paul/HPP)

Boy Rafli menyampaikan, bahwa RM Papeda ini merupakan inovasi yang berbasis pada teknologi sederhana, murah dan mandiri serta mengedepankan konsep sinergitas komunikasi yang berbasis kepada penggunaan HT melalui frekuensi Kamtibmas untuk meningkatkan respon cepat dan pelayanan kepada masyarakat, baik dari Kepolisian maupun dari instansi terkait yang sudah bersinergi.

 

Kapolres Jayapura, AKBP Victor D. Mackbon menjelaskan, bahwa RM Papeda yang sudah berjalan satu tahun lebih ini tidak lepas dari partisipasi masyarakat, instansi pemerintah, TNI dan dukungan dari radio komunitas ORARI Jayapura. Sehingga mampu menjadi salah satu tulang punggung komunikasi yang mandiri dalam meningkatkan pelayanan dan menjaga kamtibmas.

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, S.E, M.Si., saat diwawancara. (Irfan/HPP)

Sementara Bupati Jayapura,  Mathius Awoitouw menambahkan, bahwa RM Papeda ini sangat membantu Pemerintah Kabupaten Jayapura. “Tingkat kepuasan dan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah daerah meningkat sehingga mampu mendukung proses pembangunan di Kabupaten Jayapura,” ujarnya.

 

Kegiatan presentasi kemudian ditutup dengan simulasi penggunaan aplikasi android yang dapat terhubung denga radio pancar ulang (RPU) RM Papeda yang ada di Sentani. Aplikasi android ini merupakan pengembangan yang dilakukan oleh ORARI Kabupaten Jayapura, sehingga masyarakat dapat memantau juga komunikasi RM Papeda dengan aplikasi android. (Paul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here