Distrik Mannem  di Keerom Bakal Miliki Pasar Sendiri

0
927
Kadistrik Mannem, Adolof Boryam, S.IP., dan Kepala Bidang Perdagangan Dinas Koperindag Keerom, Darmin Simangunsong SH, saat melakukan survei lokasi pembangunan pasar distrik di Mannem. (Arif/HPP)

KEEROM (LINTAS PAPUA) – Dinas Perindagkop Kab Keerom memiliki rencana untuk mempermudah akses masyarakat dan menumbuhkan ekonomi masyarakat di tingkat distrik khususnya Distrik Mannem, maka mereka akan membangun pasar sebagai sarana untuk tercapainya hal tersebut.

 

Kepala Bidang Perdagangan Dinas Koperasi dan Perindustrian Kabupaten Keerom,  Darmin Simangunsong, SH MH, menyampaikan pembangunan pasar sebagai pusat perdagangan di distrik mannem akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

 

‘’Untuk memajukan pertumbuhan ekonomi rakyat diwilayah ini, pusat perdagangan seperti pasar atau ruko harus upayakan sehingga dengan hadirnya fasilitas penunjang dapat mempermudah perkembangan ekonomi bagi rakyat,’’ungkapnya disela-sela peninjauan lokasi pembangunan pasar di Distrik Mannem, Rabu (25/7/2018).

 

Dia menyebut,  bahwa pembangunan pasar sebagai terobosan dalam menumbuhkan dan pengembangan ekonomi melalui pembangunan pasar atau ruko dirasa penting. ‘’Inilah yang  mendorong kami untuk berupaya membuat terobosan pembangunan pasar di distrik mannem,’’tambahnya.

 

Darmin Simangunsong menambahkan,  bahwa pembangunan pasar tersebut bakal segera dilakukan dalam waktu dekat ini juga. ‘’Pembangunan akan dilakukan segera, diharapkan Sabtu (besok) alat berat sudah datang, sementara terkait dengan lokasi pasar agar tak terjadi permasalahan dengan tanah lokasi pembangunan maka kami telah melakukan koordinasi dengan pihak terkait dan pihak distrik yang pada hari ini kita kunjungi,’’tambahnya.

Untuk itu ia berharap,  agar masyarakat untuk dapat mendukung pembangunan pasar ini, agar kedepannya dapat menciptakan peluang pengembangan ekonomi di Mannem. Sementara menyangkut sumber anggaran menurutnya bersumber dari APBN melalui dana alokasi umum (DAU) dan pembangunannya akan ditangani pihak ketiga yaitu dari CV Wa’a Jaya.

Sementara itu Kadistrik Mannem Adolof Boryam, S.Ip mengemukakan apresiasinya atas rencana pembangunan pasar tersebut, ‘’Kami sangat mengapresiasi Diskoperindag Keerom yang telah mengakomodir aspirasi kami dan kami akan tetap mengawal pembangunan di lapangan sampai selesai,’’jelasnya.

Terkait dengan hak ulayat masalah tanah adat, Kadistrik menyampaikan telah menjamin lokasi tersebut aman untuk pembangunan pasar. ‘’Kami telah melakukan kordinasi  dengan masyarakat pemilik  sehingga  surat pelepasan tanah adat telah kami terima mendasari hal tersebut, kami menjamin pembangunan pasar ini kedepannya tidak bermasalah, dengan tanah adat,’’pungkasnya.(Arif / Koran Harian Pagi Papua)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here