Diskominfo Kabupaten Jayapura Siap Tambah 6 Titik Akses Internet

0
651
Suasana Pertemuan Antara Kepala Diskominfo Kabupaten Jayapura Ir. H. Sambodo Samiyana, M.Si, didampingi Kepala Bidang TIK pada Diskominfo Kabupaten Jayapura Gustaf Griapon saat melakukan pertemuan dengan lima kepala distrik dan masing-masing satu perwakilan kampung/kelurahan guna membahas penambahan akses internet di distri, yang berlangsung di Kantor Diskominfo Kabupaten Jayapura, Kamis (26/7/2018) kemarin. (Irfan /HPP)
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kadis Kominfo) Kabupaten Jayapura, Ir. H. Sambodo Samiyana, M.Si (Eveerth Joumilena/Koran Harian Pagi Papua)

SENTANI (LINTAS  PAPUA) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) akan menambah titik-titik akses internet yang saat ini hanya ada di 14 distrik.

Di tahun 2018 ini, Diskominfo akan menambahkan enam titik untuk akses internet yang di lima distrik dan satu kampung/kelurahan di Kabupaten Jayapura.

Enam titik yang bisa diakses layanan internet nantinya yaitu Distrik Airu, Distrik Yapsi, Distrik Gresi Selatan (Gresela), Distrik Unurum Guay, Distrik Kaureh serta satu titik masing-masing di Kelurahan Tabri dan Kampung Yokiwa.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kadis Kominfo) Kabupaten Jayapura, Ir. H. Sambodo Samiyana, M.Si, menuturkan bahwa layanan akses internet ini merupakan salah satu upaya Pemkab Jayapura untuk mewujudkan akses informasi yang lebih cepat dan terbuka.

“Khusus untuk tahun 2018 ini kita ada tambah enam titik akses internet untuk distrik, dan secara akumulasi sebenarnya semua distrik di Kabupaten Jayapura ini sudah terpasang akses internetnya. Karena tahun 2017 lalu, kita sudah tambah 10 titik di distrik dan tahun lalu juga kita menggunakan jaringan VSAT yang umum (biasa) dengan harga yang cukup mahal,” ungkapnya di Kantor Diskominfo Kabupaten Jayapura, Kamis (26/7/2018) siang.

Bagia dari komitmen Diskominfo Kabupaten Jayapura, tampak Pemuda Kampung Gemebs – Genyem Besar Distrik Nimboran sedang mengases Internet di Kampung Genyem Besar (LintasPapua.com)

Selain itu juga, kata Kadis Kominfo Ir. H. Sambodo Samiyana, M.Si, penambahan akses internet di enam titik ini dalam rangka pihaknya menunjang kebijakan Bupati Jayapura untuk menjadikan distrik sebagai pusat data dan pusat pemberdayaan. Sehingga hal itu diperlukan infrastruktur berupa akses ineternet yang harus disiapkan di distrik.

Dengan terpasangnya mango sky ini, nantinya di distrik sudah ada akses internet dan juga akses IPTV. Supaya mereka bisa nonton tv disitu dan secara bertahap kita juga akan pasangkan absen online di tempat mereka, kemudian mereka bisa mengakses aplikasi SIMDA dan e-planning maupun aplikasi-aplikasi lain yang ada di kabupaten.

“Selanjutnya kita akan buat satu jalur khusus yang privat dan itu agak secure agar bisa terlindungi dari yang lain-lain, katanya.

Untuk mencegah konten-konten negatif, pria yang akrab disapa Doddy ini menyampaikan, bahwa pihaknya juga akan membatasi konten-konten yang tidak bermanfaat saat mengakses internet.

“Jadi, nanti kita batasi juga aksesnya ke konten-konten yang bisa merusak generasi muda atau kita akan blokir konten-konten yang tidak bermanfaat, tegas Doddy ketika dikonfirmasi wartawan usai melakukan pertemuan dengan lima kepala distrik dan masing-masing satu perwakilan kampung/kelurahan guna membahas penambahan akses internet, di ruang kerjanya, Kamis (26/7/2018) kemarin siang.

Untuk penambahan enam titik akses internet, Doddy Pemkab Jayapura dalam hal ini Dinas Kominfo bekerjasama dengan PT Telkom melalui jaringan mango sky dengan kecepatan internet yang lebih baik ke semua titik.

Layanan program ini untuk mendukung dan menunjang kebijakan bapak Bupati guna menjadikan distrik sebagai pusat data. Jadi, pemasangan akses internet di satu titik itu sekarang bisa menjangkau (mendapatkan) dua titik agar kita bisa lebih berkembang lagi dalam mengakses internet, tukas Doddy ketika didampingi Kepala Bidag (Kabid) TIK pada Diskominfo Kabupaten Jayapura, Gustaf Griapon. (Irfan / Koran Harian Pagi Papua)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here