Kota Jayapura Terima Penghargaan  Sebagai Kota Layak Anak 2018

0
901
Penghargaan diberikan langsung Ibu Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, Yohana Susana Yembise diterima langsung oleh Wakil Wali kota Jayapura Ir. H. Rustan Saru, MM., mewakili Wali Kota Jayapura. (ISTIMEWA)
Wali Kota Jayapura, DR. Benhur Tomi Mano, MM., dan Wakil Wali Kota Jayapura, Ir. H. Rustan Saru, MM., bersama anak – anak sekolah dasar dalam sebuah kegiatan di Kota Jayapura. (ISTIMEWA)

JAYAPURA (LINTAS  PAPUA) –  Pemerintah Kota Jayapura kembali meraih penghargaan sebagi Kota Layak Anak tahun 2018 oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI di Surabaya. Pemberian penghargaan dalam rangka Peringatan Hari Anak Nasional 2018 tersebut berlangsung di Dyandra Convention Hal, Surabaya, Senin 23 Juli 2018.

Penghargaan diberikan langsung Ibu Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, Yohana Susana Yembise diterima langsung oleh Wakil Wali kota Jayapura Ir. H. Rustan Saru, MM.,  mewakili Wali Kota Jayapura.

Kepala Dinas pemberdayaan Perempuan Anak dan Keluarga berencana (DP3AKB) Kota Jayapura, Betty Pui mengatakan, bahwa terdapat beberapa indikator Kota Jayapura menerimah penghargaan dari Kementerian Perempuan  dan Anak Republik Indonesia.

Kepala Dinas P3AKB Kota Jayapura, Betty A Pui, saat diwawancara di Kantor Wali Kota Jayapura. (Eveerth Joumilena /HPP)

“Ada beberapa indikator yang dinilai Pemerintah Pusat, pertama ada dasar hukum kebijakan yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Jayapura dalam meberikan rasa aman dan perlindungan kepada anak-anak di Kota Jayapura, kemudian ada tanggung jawab khusus yang melibatkan lintas instansi juga melibatkan akademisi, LSM dan masyartakat secara bersama-sama memberikan perlindungan kepada anak diKota Jayapura, “ ujar Ibu Betty Pui.

Lanjut Kadis DP3AKB, Pemerintahkan Kota juga telah membentuk forum anak Kota Jayapura, setelah itu terbentuk lagi forum anak di 5 Distrik, lewat berbagi program kerja melalui dana APBD Pemerintah Kota Jayapura dalam memenuhi hak-hak anak.

“Jadi itu beberapa variabel yang dinilai termasuk fasilitas untuk anak-anak, ada taman khusus untuk anak-anak bermain secara aman, bahkan sambil belajar, Pemerintah juga menyediakan wi-fi gratis, lanjut Betty Pui, Pemerintah Kota juga harus memberikan hak-hak anak selain peran utama orang tua, baik dari segi kesehatan anak, tumbuh kembang anak, serta pendidikan anak-anak di Kota Jayapura,” tutup Betty Pui.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak (PPPA), Yohana Yembise, saat berikan kuis kepada anak – anak sekolah di Kota Jayapura. (Eveerth Joumilena/ Koran Harian Pagi Papua)

Sementara itu, Menteri PPA,  Yohana Susana Yembise menjelaskan,  bahwa  total ada 177 yang berhasil mendapatkan penghargaan, dari 389 kabupaten kota yang dievaluasi. Jumlah 177 di antaranya adalah penghargaan kepada 10 Pemerintah Provinsi, penghargaan utama Kota Layak Anak (KLA) akan diberikan kepada 2 kota, penghargaan Nindya diberikan kepada 11 Kabupaten/Kota, penghargaan Madya diberikan kepasa 51 kabupaten/kota, dan pengahargaan Pratama, 113 Kabupaten kota. (Humas Setda Kota Jayapura)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here