Wabup Giri Harap Koperasi Bangun Dirinya Kuat dan Mandiri

0
359
Wakil Bupati Jayapura, Giri Wijayantoro, dalam sebuah kegiatan. (Irfan/HPP)

SENTANI (LINTAS PAPUA) – Guna mengakomodir para pelaku ekonomi yang mengayomi dan menjembatani kepentingan ekonomi masyarakat, maka lembaga yang paling sesuai adalah koperasi yang merupakan amanah dari UUD 1945 Pasal 33 dan diimplemetasikan pada Undang-undang (UU) Koperasi yakni, Undang-Undang (UU) Nomor 25 tahun 1992 tentang Perkoperasian.

Sehingga koperasi diharapkan dapat membangun dirinya menjadi kuat dan mandiri berdasarkan prinsip-prinsip koperasi yang berakar pada kekuatan anggota-anggotanya terutama pada sektor riil pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, kehutanan, perdagangan dan industri kecil.

Wakil Bupati (Wabup) Jayapura, Giri Wijayantoro mengatakan, dilihat dari kenyataan yang ada bahwa kinerja koperasi pada umumnya masih sangat rendah.

Oleh karena itu, ada 3 hal yang harus menjadi perhatian dalam setiap mengelola koperasi yakni, sehat organisasi dan manajemen, sehat usaha serta sehat mental, kata Wabup Giri saat membacakan sambutan Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, S.E., M.Si, pada pembukaan magang pengurus koperasi putra daerah di Primer Koperasi Asah, Asih dan Asuh di Rindam XVII/Cenderawasih Ifar Gunung Sentani, Kabupaten Jayapura, Senin (23/7/2018) pagi.

Dari ketiga hal tersebut, bermuara kepada sumber daya manusia (SDM) sebagai motor penggerak roda organisasi maupun usaha. Untuk itu, koperasi sebagai badan usaha sudha tentu diharapkan mampu seoptimal mungkin mengakomodir dan menggerakkan usahanya. Karena disinilah nilai tambah yang dapat diberikan pada anggota dan masyarakat, sambungnya.

Kata dia, berdasarkan kondisi diatas sangatlah tepat dan dipandang perlu untuk dilakukan peningkatan sumberdaya manusia melalui kegiatan magang ini. Selain itu, Wabup Giri juga mengatakan, pemerintah telah berupaya seoptimal mungkin untuk mendorong pertumbuhan koperasi.

Oleh karena itu, diharapkan ada perkembangan kualitas koperasi. Sehingga kebijakan yang diambil oleh pemerintah tidak menjadi sia-sia, dengan kata lain koperasi harus pro aktif dan berpartisipasi langsung guna suksesnya pemberdayaan ekonomi ini, katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Wabup Giri juga meminta dengan tegas, kepada para peserta dapat mengikuti kegiatan magang ini dengan sebaik-baiknya agar dapat menjadi bekal bagi saudara dalam mengelola koperasi kedepan. (Irfan / Koran Harian Pagi Papua)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here