Kepala Diskominfo Papua, Kansiana Salle, saat diwawancara. (Erwin / Koran Harian Pagi Papua)

JAYAPURA (LINTAS   PAPUA)  –  Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Papua, Kansiana Salle, memastikan dengan rampungnya pembangunan palapa ring, akses telekomunikasi di seluruh bumi cenderawasih bakal lebih optimal dibanding sebelumnya.

“Begitu semua (infrastruktur palapa ring) terbangun, maka sudah jelas sekali telekomunikasi untuk semua Kabupaten di Papua bisa lebih baik dibanding saat ini. Karena memang kan selama ini masih mengunakan V-sat yang mana kapasitasnya masih terbatas kemudian lebih mahal,” ucap dia di Jayapura, kemarin.

Menurutnya, dengan dibangunnya proyek palapa ring di 23 ibu Kota Kabupaten di Papua, diharapkan selain mempermudah akses telekomunikasi, tetapi juga mampu menekan ongkos sewa internet kepada provider, sementara dari sisi kapasitasnya pun lebih ditingkatkan.

“Makanya, kita patut berterima kasih kepada pemerintah pusat yang sudah membangun palapa ring di 23 Ibu Kota Kabupaten di Papua ini. Sebab dengan begitu, masyarakat pun bisa memanfaatkan akses telokomunikasi dan internet dengan lebih mudah lagi tetapi juga murah,”ucap dia.

Baru-baru ini, Menteri Kominfo Repulik Indonesia mengunjungi Kabupaten Puncak dan Mamberemo Raya guna melihat dari dekat pembangunan infrastuktur palapa ring timur dan layanan akses internet serta progres MMH-NOC maupun pemanfaatan BTS akses Internet.

Selain itu, menteri juga meninjau internet di sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Puncak Jaya.

Diberitakan sebelumnya, pembangunan palapa ring di sebagian besar kabupaten bahkan sudah menggelar pemasangan kabel fiber optik.

Kendati demikian, tak semua kabupaten akan menggelar kabel fiber optik. Sekitar 11 lokasi, dipastikan mengkombinasikan pemasangan kabel tersebut dengan microwave (radio), karena letak geografi maupun topografi yang sulit.

Walau pembangunan palapa ring diproyeksikan rampung pada Desember mendatang, jaringan telekomunikasi tak bakal langsung on (nyala). Karenanya, dia mendorong supaya seluruh provider telekomunikasi yang ada bisa segera memanfaatkan jalur itu.

“Sebab jika pihak provider seperti Telkomsel, Indosat dan XL belum masuk maka jaringan tentu belum akan ada. Tapi kita harap setelah Palapa Ring selesai, para provider ini segera memanfaatkan jalur yang ada untuk memberikan layanan telekomunikasi bagi masyarakat,” harap Kansiana. (Erwin / Koran Harian Pagi Papua)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here